Apakah minum es setelah cabut gigi dapat mempercepat penyembuhan?

Apakah minum es setelah cabut gigi dapat mempercepat penyembuhan?

Pada dasarnya, suhu dingin akan membuat pembuluh darah menyempit. Dengan kata lain, darah tidak akan mengalir dengan deras karena sempitnya pembuluh darah. Hal ini terjadi untuk menghentikan perdarahan pada area bekas cabut gigi. Inilah mengapa kompres es perlu dilakukan setelah Anda cabut gigi. Lalu bagaimana dengan minum es setelah cabut gigi?
Anda perlu berhati-hati ketika melakukan sesuatu yang akan menimbulkan kontak langsung dengan luka bekas cabut gigi. Misalnya beberapa aktivitas yang telah disebutkan di atas, yaitu berkumur terlalu keras, menyikat gigi, dan memainkan lidah Anda di daerah bekas luka cabut gigi.
Minum air, terutama minum air dingin atau minum es setelah cabut gigi sebenarnya tidak dilarang. Akan tetapi, ketika minum air dingin Anda perlu berhati-hati jika menggunakan sedotan. Gerakan menyedot pada mulut bisa menimbulkan tekanan pada gusi dan dapat memperlambat proses pernyembuhan. Sedotan juga berisiko menyenggol bekas luka Anda.
Intinya, silakan saja minum es setelah cabut gigi. Namun, hindari menggunakan sedotan atau minum cepat-cepat. Bila perdarahan tak kunjung berhenti setelah beberapa hari, segera hubungi dokter gigi Anda.