Apakah mereka yang memiliki diabetes tidak boleh mencabut giginya?

gigi geraham

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada orang-orang yang menderita diabetes membuat tubuhnya rentan mengalami komplikasi penyakit. Salah satu tindakan yang bisa memicu komplikasi adalah operasi mencabut gigi. Lantas, apakah mereka yang memiliki diabetes tidak boleh mencabut giginya?

Pada dasarnya, pencabutan gigi pada penderita diabetes adalah sesuatu yang kompleks. Pasalnya, prosedur tersebut berhubungan dengan tipe diabetes dan berbagai komplikasi yang akan dialami oleh penderita diabetes setelah cabut gigi, seperti perdarahan yang tak kunjung henti, proses penyembuhan luka yang lama dan osteomielitis (infeksi tulang yang disebabkan oleh bakteri). Selain itu, ada juga risiko penyebaran infeksi odontogenik terhadap infeksi ruang fasia yang dapat mengancam nyawa pada penderita diabetes apabila kadar gulanya tidak terkontrol.

Meski demikian, bukan berarti cabut gigi bagi pasien diabetes tidak boleh dilakukan sama sekali. Pada beberapa kasus, pasien diabetes bisa melakukan operasi cabut gigi menggunakan cara yang sama dengan pasien yang tidak memiliki diabetes. Dengan syarat ketika dioperasi kadar gula darahnya tidak tinggi. Itu sebabnya, konsultasikanlah dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tindakan pencabutan gigi dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari, dengan catatan pasien harus sarapan terlebih dahulu. Melakukan kontrol pada pagi hari direkomendasikan, karena pada waktu ini kortisol mencapai kadar tertinggi dan memberikan kadar gula darah yang terbaik.

Sementara itu, jika penderita diabetes yang tidak terkontrol tetap melakukan operasi pencabutan gigi, terdapat berbagai risiko komplikasi mulut yang bisa dialami seperti, penyakit periodontal, gangguan fungsi kelenjar ludah, infeksi, atau neuropati.

Akan tetapi, jika Anda menjaga pola makan dan rutin mengonsumsi obat diabetes, maka risiko komplikasi yang ditimbulkan dari diabetes bisa ditekan. Sebelum melakukan pencabutan gigi, sebaiknya kendalikan kadar gula darah dan konsultasikan dengan dokter penyakit dalam untuk memberikan arahan apakah pencabutan gigi boleh dilakukan.

Sumber: http://doktersehat.com/apakah-penderita-diabetes-boleh-cabut-gigi/