Apakah menggigit pipi dalam merupakan sebuah penyakit?

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2017/10/11/67682/664xauto-sakit-gigi-tak-kunjung-sembuh-baca-doa-mustajab-ini-171011b.jpg

Cheek biting alias menggigit pipi bagian dalam merupakan salah satu kebiasaan yang mirip seperti orang yang sering menggigit kukunya. Kelihatannya ini adalah kebiasaan wajar yang tidak membahayakan. Namun, sebenarnya perilaku ini bisa sebuah wujud reaksi terhadap stres dan kecemasan. Kebiasaan ini juga memiliki dampak yang buruk bagi bagian pipi dalam yang tergigit. Yuk, cari tahu lebih jauh soal kebiasaan gigit pipi dalam di bawah ini.

Cheek biting atau menggigit pipi dalam adalah salah satu bentuk kebiasaan yang dilakukan secara tidak sadar dan berulang-ulang. Pada kebanyakan kasus, gigit pipi dalam adalah kebiasaan yang sudah dilakukan sejak anak-anak dan berlangsung sepanjang masa dewasa.

Pemicu umum orang melakukan kebiasaan menggigit pipi dalam adalah kondisi psikologis seperti stres, kecemasan, dan kebosanan.

Namun, jika seseorang sudah secara terus menerus menggigit pipi bagian dalam secara medis disebut dengan chronic cheek bite keratosis. Kondisi ini termasuk dalam jenis Body-Focused Repetitive Behavior, yakni kebiasaan mengulang suatu aktivitas yang melibatkan bagian tubuh secara berulang-ulang seperti menggigit kuku, menarik-narik rambut, atau mengedip-ngedipkan mata.