Apakah meminum air murni soda berlebih meningkatkan risiko kerusakan gigi?

apakah meminum air murni soda berlebih meningkatkan risiko kerusakan gigi?

Bagi Anda pecinta minuman air berkilau (air murni soda), yang dianggap lebih menyehatkan dibandingkan soda biasa, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan yang dapat merusak enamel gigi tersebut.

“Keamanan gigi terkait air murni soda belum banyak. Namun beberapa minuman seperti jus, soda, dan minuman berenergi terbukti bervariasi dalam kandungan asam,” tukas Dr. Edmond R. Hewlett, selaku profesor dari restorative dentistry dan dekan associate untuk outreach serta diversity di the UCLA School of Dentistry. Dr. Edmond juga juru bicara untuk the American Dental Association.

Ia menjelaskan, berbagai minuman asam tersebut dapat mengikis enamel gigi dan minuman air murni soda pun demikian bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Menurut Today, air karbonasi terlihat bersisik karena adanya kandungan karbon dioksida. Ketika Anda minum air berkilau, sebuah reaksi kimia mengubahnya menjadi asam karbonik yang tak hanya menyebabkan kecanduan namun juga meningkatkan keasaman.

“Jika Anda sering meminumnya dan menyesapnya, seperti beberapa kali dalam sehari, maka akan berbahaya pada gigi,” tambah Dr. André Ritter, ketua departemen kedokteran gigi operasi di University of North Carolina School of Dentistry.

Sayangnya, para peneliti tersebut belum bisa menyimpulkan seberapa banyak ukuran yang tepat dalam mengonsumsi minuman tersebut dalam sehari agar tak membahayakan gigi.

http://m.metrotvnews.com/rona/kesehatan/ZkeP8Arb-konsumsi-air-murni-soda-berlebih-tingkatkan-risiko-kerusakan-gigi