Apakah manfaat daun saga bagi burung kicauan?

Saga rambat (Abrus precatorius) merupakan salah jenis tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan herbal pada manusia. Bagian yang banyak digunakan adalah daunnya, yang dikenal dengan daun saga, saga aruey, atau saga telik.

Apa manfaatnya bagi burung kicauan?

Saga merupakan jenis tumbuhan merambat yang banyak ditemukan di negara-negara tropis maupun subtropis. Daunnya majemuk yang berbentuk lonjong kecil. Tanaman saga memiliki buah polong berisi biji berwarna merah bertitik hitam, mirip kumbang koksi atau lady bug. Daun saga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun saga diketahui mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalcturomic acid, dan pentosan. Karena kandungan dan manfaatnya yang baik bagi manusia, tanaman saga pun dapat diaplikasikan pada burung kicauan.

Daun saga bisa menjadi tanaman obat alternatif untuk menghilangkan suara serak pada burung kicauan. Ada beberapa cara pemberian daun saga untuk mengatasi serak pada burung kicauan, antara lain merebus daunnya. Air rebusan daun saga yang berwarna kehijauan ini disaring, kemudian didinginkan sebelum diberikan kepada burung sebagai air minumnya. Metode yang lain yang bisa diterapkan adalah mencampur 1 sendok teh gula tebu ke dalam air rebusan daun saga, lalu diberikan kepada burung kicauan selama empat hari berturut-turut.

Source:
https://omkicau.com/2015/07/25/daun-saga-untuk-mengatasi-serak-pada-burung-kicauan/