Apakah Kerusakan Gigi Pengaruhi Kesehatan Rahim?


Sebagian Ibu hamil masih ada yang belum mengetahui bahwa betapa pentingnya perawatan gigi dan mulut selama kehamilan. Memang masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti, akan tetapi diharapkan pembaca bisa mengetahui lebih dalam kenapa perawatan gigi dan mulut itu penting serta bagaimana pencegahannya agar ibu hamil & janin tetap terjaga kesehatannya.

Sakit gigi dan gusi jangan dianggap sepele karena ternyata dapat memengaruhi kesehatan rahim, bahkan perkembangan janin.

Riset ilmiah menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan rahim.

“Ibu hamil yang mengalami sakit gigi kronis atau berat berisiko melahirkan bayi berat lahir rendah (BBLR) karena pertumbuhannya terganggu”, demikian yang dikemukakan Heather Jaret, dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat.

Pendapat serupa dikemukakan pula oleh Dr Steven Offenbacher, Direktur Center of Oral and Systemic Diseases. Ia menjelaskan bahwa risiko tersebut sama kuatnya dengan risiko akibat merokok atau pemakaian alkohol. Para peneliti dalam risetnya berupaya mencari hubungan antara penyakit di gusi dengan BBLR dengan melihat kejadian selama 5-6 tahun belakangan. Hal ini juga dapat karena ditemukannya bakteri gigi di rahim

sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/15965-kerusakan-gigi-pengaruhi-kesehatan-rahim.html