Apakah Kalian Kesulitan Tidur di Tempat Orang Lain?

Ada saatnya kita tidur atau menginap di rumah/kos teman atau tempat orang lain yang bukan tempat biasa kita pakai untuk tidur. Entah kenapa kadang kita kesulitan tidur dirumah teman, jam 2 pagi masih bangun padahal pemilik rumah atau teman kita sudah tertidur daritadi, tapi kalau tidur di kamar sendiri berasa gampang tertidur. Kenapa bisa begitu? Apakah kalian juga kesulitan jika tidak tidur di kamar sendiri?

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal CurrentBiology tahun 2016, ketika berada di tempat baru, otak akan tetap terjaga bahkan ketika kita mencoba untuk tidur. dalam penelitian ini,para ahli dari Brown University di Amerika memantau aktivitas otak para peserta yang diminta untuk tidur di laboratorium. pada malam pertama, rupanya otak bagian kiri para peserta yang sedang tidur masih tetap aktif dan bereaksi terhadap sekitar. dibandngkan dengan otak kanan, otak bagian kiri perannya lebih penting dalam berjaga-jaga dan mendeteksi ancaman. inilah mengapa kita akan lebih mudah terbangun saat tidur kalau kita mendengar suara-suara dari telinga kiri.
otak bagian kiri memang akan lebih waspada ketika berada di tempat baru. ini karena tidur ditempat asing membuat kita cemas akan hal-hal yang tidak terduga. misalnya suhu ruangan atau posisi tidur yang berbeda. untuk melindungi diri dari ancaman, otak kiri kita pun akan berjaga-jaga selama kita tidur. berada ditenpat baru, entah karena sedang liburan atau karena pekerjaan, juga bisa meningkatkan kadar stress kita. hal ini juga bisa membuat kita semakin gelisah dan tidak bisa tidur.
bahkan sebuah penelitian dalam journal of psychiatric reserch mengungkapkan kalau first night effect ini bisa bertahan selama lebih dari satu malam. jadi kita tidak perlu khawatir kalau di malam kedua masih belum bisa tidur nyenyak. otak kita masih perlu adaptasi dengan lingkungan baru.
menurut para ahli dari Brown University, otak manusia adalah organ tubuh yang cukup fleksibel. kalau kita sering tidur di tempat yang baru, otak pun sudah tidak akan terlalu cemas dan waspada lagi. pasalnya, kita sudah beberapa kali harus tidur di tempat baru dan ternyata tidak ada ancaman apapun. kita pun bisa lebih rileks dan tidur nyenyak meskipun berada ditempat yang asing.

Referensi

Hello Sehat artikel penyebab anda sering tidak bisa tidur saat berada di tempat baru

1 Like
  Menurut saya kenapa orang lebih susah tidur ditempat lain atau tempat baru adalah karena first night insomnia. First nigh insomnia merupakan hal yang normal. Fenomena ini terjadi karena adanya perbedaan aktivitas kedua bagian otak, yaitu otak kanan dan kiri. Dibanding otak kanan, otak kiri berperan penting dalam berjaga-jaga dan mendeteksi adanya ancaman. Inilah mengapa kita akan lebih mudah terbangun kalau mendengar bermacam suara dari telinga kiri. Misalnya, suara hewan dari kejauhan, suara tangisan bayi, bunyi jam, suara langkah kaki, dan lainnya. Faktanya, otak bagian kiri memang akan lebih waspada ketika berada di tempat baru. Ini karena tidur di tempat baru membuat sebagian orang cemas akan hal-hal yang tak sama dengan kamar tidurnya, seperti suhu kamar, bau ruangan, matras berbeda, dan lain-lain. Untuk melindungi diri dari “ancaman” tersebut, otak kiri akan siaga selama kita tidur. Selain itu, berada di tempat baru, entah karena liburan atau karena pekerjaan, juga bisa meningkatkan kadar stres yang bisa membuat makin gelisah dan tak bisa tidur.

  Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology tahun 2016, yang isinya ketika kita tidak sedang berada di kamar tidur sendiri, otak akan tetap dalam status siaga. Bahkan ketika kita merasa sangat capek dan berusaha untuk tidur. Untuk mempelajarinya, tim peneliti mengevaluasi apa yang terjadi pada otak saat mengalami efek malam pertama dengan teknik neuroimaging. Kemudian, otak partisipan dianalisis, dihitung berapa kali otak tertidur saat efek tersebut terjadi. Peneliti menemukan bahkan kondisi otak saat efek malam pertama menunjukkan pola tidur yang asimetris. Dalam arti satu sisi otak tidur sementara sisi lainnya tetap aktif.

Source

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636531/ternyata-ini-penyebab-anda-susah-tidur-di-tempat-baru

Menurut saya, Dari keluhan yang dijelaskan kemungkinan insomnia yang di alami adalah masalah adaptasi lingkungan. Seperti tidur di tempat yang tidak biasanya dan tidur bersama orang baru. Hal ini sebenarnya bukanlah suatu penyakit dan keadaan ini dapat diperbaiki jika kita mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita terutama jika akan tidur di tempat atau dengan orang yang tidak biasanya.

Jika hal ini cukup mengganggu, konsultasi dengan psikiatri merupakan pilihan yang tepat.

Beberapa kali saya merasakan sulit tidur di tempat lain atau tempat baru. Seperi pada awal ngekos, saya mengalami susah tidur, begitu juga ketika menginap di rumah teman atau keluarga lainnya. Menurut saya hal itu wajar karena pada dasarnya kita membutuhkan adaptasi dengan suasana dan tempat baru. Penjelasan teman-teman di atas secara ilmiah pun menambah wawasan saya dan cukup masuk akal mengapa terkadang kita merasa sulit tidur di tempat lain.