Apakah isu rasisme bisa hilang di masyarakat dunia?


(unsplash)

Isu rasisme sangatlah melekat di masyarakat sekitar kita, kita tentu pernah melihat berbagai tindakan rasis yang dilakukan manusia kepada manusia lainnya, baik melalui layar kaca maupun kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar kita. Adanya perbuatan rasis dilakukan oleh seseorang manusia atau kelompok manusia yang menganggap diri mereka mempunyai ras, etnis, identitas unggul yang merasa superior daripada manusia lainnya. Hal ini tentu merupakan noda hitam kemanusiaan. Bagaimana pendapat kalian Youdicts, apakah isu rasisme bisa hilang di masyarakat dunia?

Ini adalah pertanyaan yang cukup menarik. Pertama - tama, kita harus mengetahu jika rasisme dalam sejarah umat manusia sudah sejak berabad - abad yang lalu hingga saat ini yang melibatkan ras, suku bangsa, etnis, agama, kepercayaan, dan lain sebagainya. Rasisme ini sendiri menurut saya adalah penyakit yang sangat sulit untuk dihilangkan dan bahkan tidak jarang berakhir dengan tragedi seperti misalnya pembantaian dan pembunuhan massal. Jika kamu ingin tahu contohnya, kamu bisa melihat bagaimana kejamnya Adolf Hitler dan NAZI Jerman membantai jutaan orang Yahudi di masa Perang Dunia Kedua karena mereka memegang teguh prinsip supremasi ras arya dan menganggap jika kaum Yahudi adalah kaum yang berada di tingkatan paling bawah dalam piramida sosial manusia yang merupakan sebuah contoh yang baik dari rasisme yang ekstrim dan radikal. Selain itu contoh lainnya adalah rasisme terhadap orang kulit hitam di Korea Selatan misalnya yang sudah terlampau jauh mengadopsi beauty standard mereka yang membuat tingkat rasisme disana menjadi lebih tinggi.

Pada dasarnya rasisme di dasari kepada sikap saling benci kepada seseorang ataupun suatu kelompok tertentu dan keinginan untuk mendominasi satu sama lain. manusia sering kali menganggap jika kelompoknya lebih baik dari kelompok yang lain dan itulah yang dinamakan rasisme. selain itu, paham - paham radikal dan ekstrimis yang berkembang dari perasaan - perasaan seperti ini juga menambah buruk persoalan rasisme yang ada di dunia sehingga rasisme di dunia sangat sulit untuk dihilangkan dari muka bumi walaupun saat ini ada jutaan kampanye dan gerakan yang mempromosikan anti rasisme.