Apakah gigi copot saat remaja bisa tumbuh lagi?

Apakah gigi copot saat remaja bisa tumbuh lagi?

Kemungkinan bisa atau tidaknya gigi tumbuh kembali tergantung pada jenis gigi yang tanggal, apakah termasuk gigi susu atau gigi permanen. Bila gigi yang copot adalah gigi susu, maka kemungkinan akan digantikan oleh pertumbuhan gigi permanen. Namun, gigi susu sangat jarang bertahan hingga usia 17 tahun.
Dilansir dari laman WebMD, tiga gigi dari tengah ke kanan dan ke kiri umumnya akan copot pada usia 6 sampai 12 tahun. Gigi seri tengah akan copot pada usia 6 sampai 7 tahun, gigi seri samping akan copot pada usia 7 sampai 8 tahun, dan gigi taring pada usia 10 sampai 12 tahun. Sementara untuk gigi geraham biasanya akan copot pada usia 9 sampai 12 tahun.
Apabila gigi yang copot adalah gigi permanen, maka kemungkinan tidak ada lagi benih gigi yang tersedia untuk menggantikannya. Meski demikian, ada pula seseorang yang memiliki gigi susu yang menetap dan belum pernah tanggal hingga usia remaja bahkan dewasa. Jika di balik gigi susu masih terdapat benih gigi permanen yang belum tumbuh, maka kemungkinan dapat terjadi pertumbuhan gigi.
Ada pula beberapa orang yang memang tidak memiliki benih pertumbuhan gigi sehingga jumlah giginya lebih sedikit daripada orang lain. Jadi, untuk lebih jelasnya tanyakan pada dokter gigi dan lakukan rontgen gigi. Bila pada akhirnya tidak ada benih gigi, Anda harus menempuh cara lain jika memang benar-benar ingin mengganti gigi tersebut. Salah satu kemungkinannya adalah dengan melakukan implan gigi. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter gigi kepercayaan Anda.