Apakah bahaya yang didampakkan dalam menggunakan behel palsu?

Dipasaran saat ini bisa ditemukan behel mainan hanya seharga enam puluh ribuan. Sangat murah sekali jika dibandingkan dengan behel asli yang harganya jutaan. Tentu saja, jika menggunakan behel palsu, pasti ada dampak yang diakibatkan. Apakah bahaya yang didampakkan dalam menggunakan behel palsu?

Berikut bahaya yang didampakkan dalam menggunakan behel palsu :

  1. Kuman dan bakteri – Kedua organisme akan mudah sekali terselip disela behel dan karet yang palsu. Kuman-kuman tersebut akan berkembangbiak di behel tersebut dan akan menimbulkan penyakit pada si pengguna. Jika tidak rajin memakai obat kumur mulut, akan menimbulkan masalah pada bau mulut dan kerusakan pada gigi.

  2. Memasang ditukang gigi yang tidak berizin resmi – Ini sangat diragukan kebersihan alat-alat yang digunakan dalam pemasangan behel. Hal tersebut akan menyebabkan resiko terkena jenis penyakit menular.

  3. Pemasangan yang asal-asalan – Hal tersebut akan memrusak bentuk gigi, bukan malah merapikan gigi seperti yang dinginkan. (baca juga : bahaya behel lepas pasang)

  4. Mempengaruhi proses menggigit makanan – Jika pemasangan tidak bukan pada ahlinya, maka akan dapat terjadi pergeseran gigi-gigi pada rahang atas atau bawah yang menjadi tidak normal. Maksudnya gigi-gigi dirahang atas tidak dapat menggigit sempurna dengan gigi-gigi dirahang bawah ataupun sebaliknya.

  5. Spesifikasi behel – Biasanya, behel palsu yang digunakan tidak lengkap mencantumkan spesifikasi dari behel tersebut, nama, dan asalm produknya. Bahayanya seperti bracket logam, yang mana kandungan logam di bracket gigi tidak boleh mengandung nikel. Jika nikel tersebut tertelan bersama air liur, maka akan dapat memicu kanker bagi si pengguna.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/bahaya-menggunakan-behel-palsu