Apakah bahaya lidah tergigit saat makan?

lidah

Lagi menikmati makanan, tiba tiba “auw” secara tidak sengaja gigi anda menggigit lidah. Mengesalkan memang. Niat gigi mengunyah secara cepat dan tangkas untuk segera melahap makanan, malah lidah anda menjadi mangsanya. Mereka yang secara tidak sengaja menggigit lidah di sebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena kelelahan, sehingga secara tidak sengaja menggigit lidah. Inilah yang menyebabkan menurunkan konsentrasi hingga sampai lidah tergigit. Meski hal ini terlihat sepele, namun memberikan beberapa pengaruh untuk tubuh. Seperti apakah?

Berikut bahaya lidah tergigit saat makan:

  1. Menurunkan selera makan
    Lidah yang tergigit oleh gigi memang sangat mengganggu acara makan anda. Lezatnya makanan yang sedang di nikmati tiba-tiba rusak setelah kejadian ini akibat rasa sakit di ujung lidah. Akhirnya anda akan memutuskan berhenti makan, takut untuk menggigit lidah yang ke dua kalinya. Inilah yang menurunkan selera makan anda.

  2. Resiko sariawan
    Lidah yang tergigit juga berpotensi munculnya sariawan. Pasalnya lidah yang baru saja tergigit tadi jika tidak segera di obati mampu menjadi infeksi. Beberapa orang yang mengalami hal ini akan berujung pada penyebab sering sariawan yang cukup mengganggu aktivitasnya.

  3. Perubahan pada lidah
    Lidah bisa mengalami perubahan setelah di gigit. Biasanya tekstur lidah yang lembut akan terasa kasar, seperti terbelah belah. Hal ini terjadi karena sensitivitas lidah sedikit rusak akibat aktivitas gigi yang tajam. Jika gigitannya tidak terlalu keras, belum sampai menimbulkan luka dan berdarah biasanya tidak apa apa. Akan membaik setelah 2 sampai 3 hari lagi. Di nilai berbahaya jika sampai berdarah darah. (Baca juga : bintik merah pada lidah)

  4. Rasa nyeri yang berkepanjangan
    Lidah yang baru saja tergigit oleh gigi akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Bahkan bisa menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan. Hal ini terjadi biasanya karena adanya luka yang membuat infeksi. Sehingga cara penyembuhannya adalah dengan di beri obat.

  5. Timbul luka yang ringan, tapi mengganggu
    Lidah menjadi salah satu indera perasa yang paling peka terhadap rasa sakit dari pada indera yang lainnya. Jadi ketika lidah ini di lukai sedikit saja, maka rasa sakitnya akan mengganggu terus. Ujung syaraf lidah yang sangat peka terhadap rasa, juga sangat sensitif terhadap rasa sakit. Untuk itu, timbul luka di ujung lidah menjadi biasa. Meskipun seperti itu, lidah ini juga di nilai paling cepat dalam proses penyembuhan diri. Asalkan gigitan tersebut tidak terlalu parah.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-lidah-tergigit