Apakah ada langkah-langkah pengobatan terhadap gusi bengkak?

Cara mengatasi gusi bengkak perlu dilakukan secara hati-hati untuk mengatasi masalah pembengkakan pada gusi ini secara menyeluruh. Apakah ada langkah-langkah pengobatan terhadap gusi bengkak?

Terimakasih mohon bantu jawabannya yang jelas ya soalnya saya sangat membutuhkan informasi ini. Mohon di jawab ya

Adapun langkah-langkah pengobatan terhadap gusi bengkak antara lain adalah :

  1. Melakukan perawatan sendiri
    Sangat penting bagi seorang penderita untuk melakukan langkah awal pengobatan gusi bengkak yaitu dengan melakukan perawatan sendiri di rumah.

  2. Mengkonsumsi obat-obatan
    Dokter kemungkinan akan merekomendasikan beberapa jenis obat-obatan untuk membantu pasien mengatasi gangguan gusi bengkak.

  3. Hygiene oral
    Salah satu cara mengatasi gusi bengkak adalah dengan menghilangkan plak yang menumpuk pada gigi dengan menggunakan sikat gigi listrik maupun dengan flossing yang lembut. Hal ini akan dapat membantu unttuk menurunkan tingkat kerusakana pada gigi serta untuk membentuk jaringan gusi.

  4. Root Canal Terapi
    Jika pembengkakan gusi yang terjadi disertai dengan adanya bisul, langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan terapi saluran akar serta menghilangkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan pada enamel gigi.

  5. Tindakan pembedahan
    Tindakan ini dilakukan terutama pada kasus gingivitis yang parah. Prosedur yang dilakukan adalah dengan cara kuretase atau pengerokan gusi yang bengkak agar gusi yang tersisa dapat tumbuh dengan sehat.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/cara-hidup-sehat/cara-mengatasi-gusi-bengkak