Apakah ada cara untuk mengatasi abrasi gigi?

abrasi

Ketika anda sudah terkena abrasi gigi, anda harus segera mengatasinya. Karena apabila anda tidak segera mengatasinya, maka anda akan terganggu dengan gigi anda yang semakin lama akan semakin terkikis dan tak kuat lagi. Selain rasa ngilu yang menyerang yang membuat anda tidak nyaman untuk makan, anda harus mencoba untuk mengatasi abrasi gigi tersebut. Apakah ada cara untuk mengatasi abrasi gigi?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi abrasi gigi.

  1. Pengolesan Fluor
    Cara mengatasi abrasi gigi yang paling utama adalah dengan menggunakan fluor. Penanganan jenis ini, pengolesan flour pada gigi yang mengalami abrasi dilakukan jika keadaan gigi dan strukturnya tidak parah. Hal ini dilakukan sebagai satu tindakan pencegahan dari proses pembentukan karies gigi dan mencegah gigi berlubang. Flour ini kadang diberikan dalam bentuk obat kumur, atau gel. Selain itu fluor juga bisa diberikan dalam bentuk pasta yang bisa dioleskan langsung ke area gigi yang dirasa mengalami abrasi.

  2. Menambal gigi
    Setelah pengolesan fluor ini dilakukan ketika abrasi gigi tidak terlalu parah, maka ketika abrasi gigi ini sampai pada bagian dentin, yang berarti cukup parah, maka penambalan pada gigi benar-benar dianjurkan. Penambalan ini bisa dilakukan dengan bahan resin komposit yang memiliki warna yang sama dengan warna gigi anda. Selain warnanya yang sama, resin komposit ini berguna untuk mengganti email gigi yang hilang akibar proses abrasi tersebut.

  3. Mengubah kebiasaan buruk yang menyebabkan abrasi gigi
    Setelah beberapa proses medis yang bisa anda lakukan jika anda terkena abrasi gigi, ada beberapa cara lain yang harus anda lakukan untuk menghindarkan diri anda dari derita abrasi gigi yang semakin lama bisa semakin parah dan mengganggu. Anda hanya perlu menghilangkan beberapa kebiasaan buruk anda yang menyebabkan abrasi. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa membantu anda menyembuhkan dan merawat gigi anda sehingga membuat gigi anda terhindar dari abrasi gigi yang membuat gigi anda ngilu.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/abrasi-gigi/cara-mengatasi-abrasi-gigi