Apakah ada cara mengatasi anak rewel karena tumbuh gigi?

Saat gigi anak tumbuh, biasanya diikuti dengan gusi bengkak dan sesnitif, mengeluarkan banyak liur, suka menggigit dan mudah marah atau rewel. Apakah ada cara mengatasi anak rewel karena tumbuh gigi?

Anda dapat melakukan hal berikut ini:

  1. Memijat gusi bayi
    Memijat gusi bayi dipercaya dapat membantu meringankan sakit gigi pada anak. Pijat gusi bayi dengan perlahan dan sedikit memberi tekanan. Sebelum memijat, pastikan cuci tangan Anda hingga bersih. Jangan memijat gusi bayi saat kuku Anda panjang atau kotor agar tidak menyebarkan bakteri ke mulut bayi.

  2. Beri teether
    Bayi yang giginya sedang tumbuh memiliki keinginan untuk menggigit apa pun untuk memuaskan mulutnya. Anda bisa memberinya teether atau mainan gigitan yang terbuat dari 100 persen karet alami, lateks, atau silikon. Pilih mainan dengan bahan-bahan yang aman atau memenuhi kriteria food grade. Selalu bersihkan mainan gigitan sebelum dan sesudah dipakai dengan air hangat atau sabun khusus.

  3. Beri finger food
    Selain menggunakan teether, Anda juga bisa menyajikan makanan seukuran finger food seperti wortel rebus atau apel jika anak sudah berusia di atas 6 bulan. Makanan bertekstur padat dapat membantu mempercepat pertumbuhan gigi anak.

  4. Beri kompres dingin
    Mengompres gusi dengan air dingin dapat membantu meredakan nyeri gusi. Caranya, dinginkan kain basah di dalam kulkas, lalu tekan pada gusi bayi. Anda juga bisa menyimpan teether di kulkas sebelum diberikan pada bayi. Pastikan teether di kulkas disimpan di tempat yang bersih.

  5. Tetap susui bayi
    Bayi memiliki selera atau kebiasaan berbeda-beda saat giginya sedang tumbuh. Ada yang cukup terpuaskan dengan mainan gigitan, namun ada juga yang hanya ingin mau menggigit-gigit puting ibunya. Jika bayi Anda termasuk golongan kedua, maka sering-seringlah menyusui bayi untuk membuatnya merasa nyaman. Sebelum dan sesudah menyusu, coba untuk memijat gusinya untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Sumber: http://doktersehat.com/tips-meredakan-rewel-bayi-yang-tumbuh-gigi/