Apa yang Salah dari Sepakbola Indonesia dan Apa yang harus dibenahi?

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga paling populer yang ada di dunia. studi dari Nielsen Sport di 2018, menyatakan jika sepakbola diikuti dan dimainkan oleh lebih dari 4 miliar orang di seluruh dunia. di Indonesia, sepakbola adalah salah satu olahraga yang populer di berbagai kalangan dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) menjadi organisasi tertinggi yang mengatur dunia persepakbolaan di tanah air.

Tetapi, sepak bola Indonesia saat ini tidak bisa dikatakan baik - baik saja. saat ini Indonesia berada di peringkat 175 dalam peringkat FIFA yang dimana itu sangat jauh di bandingkan dengan negara - negara tetangga di kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang menemparti rangking FIFA yang bisa dibilang cukup jauh dari Indonesia saat ini dengan perkembangan sepak bola mereka yang cukup pesat. Sepakbola Indonesia juga sangat minim prestasi dibandingkan dengan cabor lainnya seperti bulu tangkis yang rutin menyumbangkan prestasi di ajang bergengsi seperti Olimpiade dan All England sebagaimana yang kita saksikan selama ini.

Indonesia pun juga menjadi salah satu powerhouse atau kekuatan yang diperhitungkan dalam dunia bulu tangkis dunia, tetapi tidak dengan sepak bolanya yang sampai hari ini saja bisa dibilang sangat kesulitan untuk bahkan berprestasi di level Asia Tenggara dan sekedar lolos ke level Asia secara keseluruhan. Menurut kalian apa yang salah dari sepak bola Indonesia yang menjadikannya begitu tertinggal di bandingkan dengan cabor lain seperti bulu tangkis dan apa - apa saja yang harus dibenahi ?