Apa yang menyebabkan lapisan gigi terkikis?

abrasi

Meskipun email merupakan bagian terkeras dari gigi, lama kelamaan bisa terkikis secara mekanis. Beberapa tindakan kita, tanpa disadari bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya abrasi gigi. Kita perlu tahu tindakan yang justru malah membuat kerusakan pada gigi. Bahkan rajin sikat gigi sekalipun tidak serta merta menjauhkan kita dari kerusakan gigi. Walaupun kita rajin sikat gigi, namun kita tidak melakukannya dengan benar. Terdapat penyebab abrasi gigi tanpa kita sadari akan menggrogoti gigi jika tidak dikenali sejak awal. Lalu apa yang menyebabkan lapisan gigi terkikis?

Tindakan-tindakan yang menyebabkan lapisan gigi kita terkikis adalah:

  1. Cara Menyikat Gigi yang Salah
    Rajin sikat gigi saja tidak cukup. Harus diperhatikan juga cara kita melakukannya dengan benar. Menggosok gigi dengan tekanan keras dan gerakan horizontal (arah kiri-kanan) dengan menggunakan sikat gigi berbulu kasar dapat menyebabkan jaringan gigi rusak dan mengikis lapisan email gigi.

  2. Menggunakan Pasta Gigi yang Salah
    Penggunaan pasta gigi yang salah juga akan menyebabkan lapisan gigi kita mengalami kerusakan. Jika sudah sangat sering merasakan rasa nyeri gigi maka pilihlah pasta gigi yang mengandung potassium sitrat untuk mengurangi gigi yang sensitif karena abrasi. Kini sudah sangat banyak merk pasta gigi yang menawarkan produk pasta gigi untuk penderita gigi sensistif.

  3. Kebiasaan Menggigit Benda Keras
    Apakah Anda sering melakukannya? kebiasaan menggigit kuku, pulpen dan kebiasaan iseng membuka botol minuman dengan gigi ternyata menyebabkan kerusakan email gigi. Gesekan yang dialami gigi akan membuat lapisan gigi mudah terkikis. Hilangkan kebiasaan menggigit benda keras agar gigi tidak mudah terkikis.

  4. Menggunakan Tusuk Gigi Setelah Makan
    Kebanyakan orang memiliki kebiasaan selalu menggunakan tusuk gigi setelah makan. Kebiasaan tersebut justru akan membuat gigi Anda mudah rusak. tusuk gigi yang berujung runcing dapat melukai gusi. Apalagi jika tusuk gigi yang digunakan tidak steril yang mengandung bakteri jahat yang dapat menimbulkan infeksi pada mulut. Gantilah tusuk gigi dengan benang gigi. Benang gigi kini menjadi terobosan terbaru untuk membersihkan sela gigi setelah makan menjadi lebih sehat.

  5. Penggunaan Kawat Gigi
    Kawat gigi cukup berpengaruh terhadap potensi abrasi gigi. Cengkeraman kawat yang terlalu kuat pada gigi tiruan dapat menimbulkan kerusakan pada struktur gigi.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/abrasi-gigi/penyebab-abrasi-gigi