Apa yang menyebabkan gigi bisa keropos?

gigi keropos sangat mengagnggu apalagi saat akan melakukan proses pengunyahan makanan tetapi tiba-tiba gigi mengalami keropos.
keropos

Adapun penyebab gigi dapat dengan mudah keropos yaitu karena pada awalnya gigi sudah berlubang, yang menyebabkan gigi berlubang antara lain adalah :

  1. Bakteri
    Bakteri penyebab gigi berlubang sulit untuk dihilangkan karena mereka sangat mirip dengan bakteri berbahaya lainnya yang hidup di rongga mulut.

  2. Timbulnya plak pada gigi
    Secara alami mulut kita mengandung berbagai jenis bakteri yang biasanya berkembang melalui makanan dan minuman yang mengandung beberapa zat tertentu seperti gula. Ketika kandungan zat gula tersebut tidak segera dibersihkan dari gigi, maka bakteri akan cepat menyerang gula tersebut dan memproduksi asam. Bakteri- bakteri tersebut akan membentuk plak bakteri.

  3. Pola makan
    Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan karbohidrat dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Jenis makanan tersebut antara lain adalah cokelat, permen, gula, minuman bersoda, makanan bertepung seperti keripik, roti, pretzel, biskuit, dan lain sebagainya.

  4. Kebersihan mulut yang buruk
    Ketika seseorang tidak teratur dalam menyikat gigi, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi, salah satunya adalah gigi berlubang.

  5. Merokok
    Seorang perokok aktiv dapat memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena gangguan gigi berlubang. Hal ini disebabkan kandungan dalam tembakau dapat mengganggu produksi air liur, yang mana fungsinya adalah untuk membantu menjaga permukaan gigi agar tetap bersih.

  6. Mengkonsumsi alkohol
    Pecandu alkohol juga dapat memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami kerusakan gigi seperti terjadinya gigi berlubang. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol memiliki kontribusi kerusakan enamel gigi.

  7. Mulut kering
    Orang-orang yang memiliki kandungan air liur yang rendah dapat memiliki resiko kerusakan gigi. Air liur merupakan salah satu zat penting yang dapat membantu untuk menjaga permukaan gigi agar tetap bersih serta dapat menetralisir asam di mulut.

  8. Kebiasaan ngemil
    Dalam rangka untuk menurunkan berat badan atau untuk mempertahankan berat badan ideal, beberapa jenis diet menyarankan untuk mengkonsumsi beberapa makanan kecil setiap hari.

  9. Gusi surut
    Seseorang yang mengalami gusi surut, hal itu dapat menyebabkan pembentukan yang terjadi di dekat akar gigi yang tidak dilindungi oleh enamel gigi, Dan hal itu akan menyebabkannya menjadi lebih rentan terhadap kerusakan gigi.

  10. Cara menyikat gigi yang tidak benar
    Cara menyikat gigi yang salah yaitu dengan menyikat gigi dari kiri ke kanan atau sebaliknya, juga dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Untuk itu, pada saat menyikat gigi sebaiknya dilakukan dari atas ke bawah atau sebaliknya.

sumber: https://halosehat.com/penyakit/sakit-gigi/penyebab-gigi-berlubang