Apa yang Membuatmu Tertarik untuk Mendengarkan Musik?

mendengarkan-musik-klasik

Musik hal yang sudah mengisi hari-hari kita baik itu dirumah, di kantor, di jalanan, di mall, dan ditempat lainnya. tak jarang juga ketika mendengarkan musik ini membuat kita terbawa suasana dari liriknya. ntah itu galau, inget mantan, seneng, maupun suasana lainnya yang bisa dibangun dari mendengarkan musik. ketika aku mendengarkan musik, tak jarang juga aku menyanyi mengikuti lirik yang aku hapal walaupun suaraku ini sumbang :joy: tapi aku nyanyinya ga keras-keras di tempat umum kok, aku masih tau malu.

aku mendengarkan musik agar ga kerasa sunyi aja gitu ketika mengerjakan tugas, kadang juga ketik amembaca terasa ngantuk yasudah aku dengarkan saja musiknya ya walaupun kadang menjadi tidak fokus ke buku karena ikutan nanyanyi juga.

kalau kamu, kenapa kamu mendengarkan musik?

Saya pribadi orang yang mendengarkan musik untuk menambah semangat dalam mengerjakan sesuatu seperti belajar atau bekerja. dengan mendengarkan musik, menurut saya banyak energi positif yang tersalurkan sehingga menjadikan pikiran lebih fokus. kebetulan saya seseorang yang dalam hal belajar atau bekerja tidak bisa dalam kondisi terlalu sepi.

Untuk urusan musik sepertinya aku sudah kecanduan yaa, bukan sekadar tertarik lagi :joy: Hampir setiap hari pasti mendengarkan musik, mungkin karena selera musik aku beragam jadi lebih banyak musik yang aku dengarkan juga. Musik yang aku dengarkan bukan sekadar penghilang rasa jenuh atau mengurangi rasa sepi, tapi juga sebagai media healing untuk menenangkan pikiran.

Yang membuatku tertarik untuk mendengarkan musik adalah bahwa musik dapat membuat rileks dan berhenti sejenak dari hiruk pikuk kehidupan. Musik dapat membuat kita senang hanya dengan mendengarkannya. Itu dapat membuat mood kita menjadi lebih baik juga. Selain itu musik juga membuatku bisa tidur lebih nyenyak. Ada banyak sekali penelitian yang menyebutkan manfaat dari musik itu sendiri.

saya sependapat dengan @jimmywijanto bahwa mendengarkan musik menambah semangat dalam mengerjakan sesuatu belajar dan berkerja, meski saya bukan tipe belajar ditemani dengan musik tapi untuk seperti menulis laporan,catatan, atau menggambar dan dalam mengkerjakan sesuatu sambil memdengarkan musik membangkitkan mood sehingga mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati. Mendengarkan musik juga sebagai penghibur diri dan membuat pikiran rileks.

2021-09-14T17:00:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha

apakah kamu adalah aku? hehe karena aku juga begitu.

kalau aku akhirnya lebih suka dengerin playlist study music, study lofi, starbucks styled chilled jazz danyang sejenis itu di spotify untuk menemani mengerjakan tugas. Karena hanya alunan nada saja jadi tidak akan ikut bernyanyi hehe

bahkan sebelumnya aku tidak mendengarkan lagu-lagu korea, karena ingin mendengarkan lagu yang tidak aku kenal agar bisa fokus mengerjakan tugas tanpa ikut bernyanyi aku jadi menyukainya. Saat ini aku jadi suka sama seventeen, woodz, day6, wanna one, dan taeyeon walaupun aku gatau wajah mereka gimana karena bener-bener asal play di spotify aja hehe music dan lagunya bagus-bagus juga ternyata!!

dan akan memutar lagu-lagu yang aku tahu diwaktu jeda agar bisa ikut bernyanyi atau bersenandung untuk sekedar melepas penat. Seringnya juga mendengarkan lagu saat di jalan sekaligus carpool, seru apalagi kalau bareng temen-temen dan nyanyi lagu galau bareng teriak-teriak padahal engga ada yang galau bahkan pacar saja tidak punya! haha

Mengapa tertarik mendengarkan musik? Mungkin karena jadi lebih santai. Saya tidak tahan terhadap keadaan serius yang berkelanjutan sehingga membutuhkan sesuatu yang dapat mencairkan keadaan tersebut. Salah satunya ya melalui musik ini. Satu hal lagi yang tak lupa, yaitu musik bisa mendekatkan kita pada orang lain. Biasanya pada orang yang baru saya temui dan sialnya sudah kehabisan topik obrolan, jurus andalan saya adalah memutar musik, entah dari YouTube atau Spotify. Berangkat dari hal itu, kadang malah saling bertukar pikiran dan beruntungnya jika saya juga seseorang tersebut memiliki selera musik yang sama. Hal itu bisa menjadi topik obrolan yang selanjutnya dan akhirnya dapat merekatkan hubungan interpersonal.

Yang membuat Saya tertarik pada musik adalah melodinya kemudian suara penyanyinya baru liriknya. Mengapa Saya mendengarkan musik? Biasanya sih untuk mengusir rasa sepi, mengantuk, dan untuk membuat Saya lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Tapi, akhir-akhir ini Saya sangat sering mendengarkan musik untuk pengantar Saya saat tidur. Entah kenapa, ketika Saya mendengarkan musik. Saya akan merasa lebih damai dan segera bisa tertidur. Se berpengaruh itu musik bagi Saya. Yang mana Saya tidak bisa tidur, finally setelah mendengarkan musik, Saya mulai bisa tertidur dan memasuki masa istriahat.

Sejak SD aku udah terbiasa menjadikan musik sebagai teman ketika belajar, mengerjakan tugas, atau bahkan ujian (ini aku lakukan ketika SMA). Entah awalnya karena apa, tapi aku merasa nyaman dan tambah bersemangat dalam belajar apabila sambil mendengarkan musik. Sebenarnya aku bukan tipe orang yang bisa melakukan dua pekerjaan dalam satu waktu, tapi anehnya aku bisa fokus belajar dan mengerjakaan tugas atau soal sambil mendengarkan dan menyanyikan lagu.

Selain belajar dan mengerjakan tugas, aku biasanya mendengarkan musik saat melakukan pekerjaan rumah misalnya mencuci baju, bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya. Dengan mendengarkan musik membuatku lebih semangat dan membuat waktu terasa cepat sehingga pekerjaan yang dilakukan terasa tidak berat.

Oh iya terkadang saat aku lagi kesulitan tidur aku juga akan mendengarkan lagu sambil tidur, entah itu lagu klasik atau lagu modern.

Kalau saya sendiri tipe orang yang jarang dengan sengaja ingin mendengarkan musik. Tapi saya senang mendengarkan musik jika suatu musik diputar. Karena itu saya sangat senang bila sedang pergi ke mall, cafe, di mobil ataupun tempat-tempat lain yang menyediakan musik, itu membuat perasaan saya sangat nyaman. Dan itu menjadi alasan mengapa saya senang mendengarkan radio karena musik yang diputar secara acak

Musik juga memberi kenangan, saat sedih, senang, bahkan musik tidak ada relasinya dengan lirik yang ada. Misalkan suatu musik yang diputar orang tua kita, yang selalu terdengar saat kita masih kecil. Atau musik yang selalu terdengar saat masa-masa sekolah, dan lain-lainnya.

Selain itu musik juga memberi vibe positif dalam mengerjakan kegiatan, mungkin itu salah satu alasan senam SKJ menggunakan musik ya. Nah seperti musik SKJ ini juga sering membawa kenangan semasa sekolah, yang liriknya cuman bisa ngitung sampai 8 doang wkwkwk :laughing: