Apa Yang Membuat Seseorang Sulit Untuk Menyatakan Cinta?

Hidup tidak lengkap kalau tidak merasakan bingung, susah, senang, dan leganya hati saat mengungkapkan cinta. Tapi sayang, tidak semua orang bisa mengungkapkan perasaan mereka dengan mudah atau menyatakannya secara gamblang. Beda orang, beda tingkat keberanian, dan beda pula alasannya sulit mengungkapkan cinta. Mengekspresikan perasaan sebetulnya tidak salah dan akan berakhir baik-baik saja, kok, apa pun hasilnya. Namun, kita harus mengetahui situasi, kondisi, tujuan, dan risiko yang akan diterima nantinya.

Nah, menurut kalian, apa yang sebenarnya membuat seseorang sulit dalam mengungkapkan perasaannya? Tulis pendapat kalian di kolom komentar yaa.

Menurut saya kesulitan orang-orang dalam menyatakan perasaannya kepada orang yang dia sukai itu karena sifat gengsi dari salah satu pihak. Sifat ini yang munculnya rasa tidak percaya diri atau takut ditolak maupun jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu menyampaikan sebuah perasaan kepada lawan jenis yang akhirnya menjadi sebuah pertentangan dalam hal diungkapkan atau tidak. Dengan begitu akan sulit untuk mengutarakan sebuah rasa, mungkin dengan mengenyampingkan sifat gengsian tersebut dengan optimis dan berpikiran positif mungkin akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri sedikit untuk mengutarakan isi hati kepada lawan jenis.

Menurut saya salah satu alasan seseorang sulit menyatakan perasaannya adalah karena takut pertemanannya rusak atau hubungannya akan menjadi renggang setelah dia menyatakan perasaannya. Hal ini biasanya terjadi apabila orang yang disukai adalah teman dekat atau sahabat sendiri. Jadi membuat seseorang maju mundur akan menyatakan perasaannya.

Setuju dengan kak @nanazz, ketakutan bahwa hubungan akan renggang sepertinya menjadi faktor yang sering membuat orang takut menyatakan perasaan. Saya agak bingung sebenarnya, memangnya tidak bisa melanjutkan persahabatan setelah confession, entah itu diterima atau tidak? Barangkali kita terlalu menganggap hubungan pacaran itu sebagai hal yang berbeda dari persahabatan. Padahal bagi saya pacaran itu harus seperti sebuah persahabatan yang akrab. Jadi ketika misalnya kita tahu ada yang suka sama kita, lantas kita jadi menjauh dan dingin, karena dalam benak kita pacaran itu berbeda dengan bersahabat.

Selain itu, menurut saya ada juga rasa takut akan penolakan cinta. Tentu saja ketika kita ingin menyatakan cinta, ada ekspektasi besar dalam benak kita. Kata “tidak” tentu saja terasa seperti bom yang menghujam perasaan. Intinya, rasa takut akan kegagalan dan takut menghadapi kenyataan pahit.

1 Like

Overthinking tentang respon dari si dia. Terlalu khawatir dengan kemungkinan-kemungkinan yang berpotensi untuk terjadi. Menciptakan skenario jawaban dan sikap yang akan ditunjukkan oleh si dia. Sampai akhirnya batal untuk menyatakan cinta, sudah terlanjur cemas. Insecure, merasa tidak pantas untuk bersanding atau menyatakan cinta dan memilih tetap berada pada batasan seorang pengagum rahasia. Adanya rasa takut akan penolakan. Baru saja akan menyatakan cinta, mengakui perasaan, belum meminta untuk jadi kekasih saja sudah ketar ketir takut akan ditolak saat itu juga. Jadi ya, batal lagi pernyataan cintanya. Khawatir apabila hubungan justru renggang. Sering terjadi pada hubungan pertemanan, yang satu suka lalu confess, tetapi yang satu hanya nyaman menjadi teman dan akhirnya mereka mulai saling menjauh. Alasan terakhir yang mungkin adalah, sudah nyaman hanya dengan menjadi pengagum jadi tidak merasa perlu untuk menyatakan cinta.

Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa seseorang takut menyatakan cinta. Pertama, takut ditolak. Saya rasa di dunia ini tidak ada yang ingin perasaannya tidak terbalas, semua ingin mencintai dan dicintai. Tapi, terkadang hal tersebut belum tentu terjadi. Biasanya orang lebih memilih untuk memendam perasaan daripada harus mendengar kalimat penolakan. Kedua, kurang percaya diri, malu dan sejenisnya. Jika orang yang disukai adalah teman dekat atau teman satu circle, maka akan terasa malu dan awkward jika harus mengungkapkan perasaan cinta. Ketiga, takut hubungan yang dimiliki saat ini (kedekatannya) rusak. Jika cinta tidak terbalas, maka potensi adanya kecanggungan diantara dua orang tersebut akan semakin tinggi sehingga biasanya cara yang dipilih untuk mengurangi kecanggungan adalah memberi jarak/menjauh. Jika hal ini terjadi, maka hubungan termasuk pertemanan pun bisa renggang atau bahkan rusak.

kalau aku pribadi si takut pas udah nyatain merusak keadaan yang sudah tercipta, yang awalnya seru-seru aja jadi awkward dan akhirnya malah merusak hubungan dan lost contact:(

Saya pribadi adalah orang yang bisa dibilang sulit menyatakan cinta. Alasan saya sulit melakukannya karena saya pribadi belum mengetahui benar bagaimana perasaan orang yang saya cintai kepada saya. Saya juga sedikit takut akan penolakan dari rasa yang saya miliki. Sehingga saya lebih memililih untuk diam.
Selain itu, dari orang-orang yang saya cintai merupakan orang terdekat saya, saya enggan mengutarakan perasaan saya karena takut mereka ilfeel kepada saya. Takutnya, mereka akan menjauhi saya dan pertemanan kami justru berkurang kualitasnya.

Menurut saya alasan utama seseorang sulit mengungkapkan perasaannya adalah karena takut ditolak. Selain itu, bisa juga karena dia gak PD atau memiliki trauma di masa lalu yang membuatnya sulit untuk menyatakan perasaan. Meskipun kadang sudah ada kode-kode tertentu, tapi bisa saja kode itu salah persepsi atau bukan ditujukkan untuk kita.

menurut saya alasan sulit menyatakan cinta biasanya karena takut ditolak, atau takutnya setelah menyatakan cinta pertemanan mereka menjadi regang dan berakhir menjadi canggung satu sama lain saat bertemu

Sepertinya pendapat-pendapat teman-teman yang ada disini sudah cukup mewakili mengapa seseorang sulit menyatakan cinta.

Kalau saya sendiri, mengapa sulit menyatakannya? karena sebenarnya bingung dan masih tidak yakin dengan perasaan saya sendiri. Apakah apa yang saya rasakan adalah rasa suka atau hanya sekedar perasaan nyaman yang muncul karena kebiasaan yang saya lakukan bersama seseorang itu. Atas ketidakmampuan memahami perasaan saya sendiri, saya lebih cenderung memilih untuk memendamnya sendiri dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu pengalaman saya.

Namun, dalam beberapa keadaan, saya juga lebih nyaman ketika orang yang saya kagumi tidak mengetahui keberadaan saya atau mengetahui perasaan saya sebenarnya. Tidak tahu mengapa, karena diam-diam mengagumi seseorang itu membawa dampak emosional yang berbeda kepada saya. Daripada sibuk-sibuk memberi tahu mereka tentang perasaan saya, saya lebih memilih untuk berbahagia dengan perasaan saya sendiri.

Kenapa orang sulit menyatakan cinta? ya karena takut ditolak. Dan karena adanya ini, ada sebuah pemikiran bahwa setelah ditolak orang yang disukai, mereka akan menjauh dan menghilang dari pandangan kita. Jadi, karena alasan tidak percaya diri ini, banyak sekali orang-orang di luar sana yang tidak akan pernah mengungkapkan rasa ketertarikannya. Sebenarnya menurut Saya, tidak ada salahnya untuk mengungkapkan perasaan Kita asalkan dengan cara dan waktu yang tepat. Tidak ada salahnya menyatakan cinta terlebih dahulu kepada orang yang disukai karena mungkin saja nantinya kalian tidak akan mempunyai kesempatan seperti ini lagi. Mencintai itu sepaket dengan penolakan. Jika, yang dicintai juga mencintai kita maka kita akan mendapat jackpot. Jika tidak ya mungkin kalo apes banget bakalan kena zonk