Apa yang membuat musik K-pop lebih digandrungi oleh anak muda masa kini dibandingkan musik dari belahan dunia lainnya?

Halo Youdics!
Sekarang siapa sih yang ga kenal sama K-pop? kalau berpergian ke mall atau cafe yang banyak diputar tuh musik K-pop. Apalagi para idol-idol nya yang banyak tampil di TV sebagai bintang iklan. Tidak hanya musiknya bahkan drama, acara tv, makanan dan trend fashionnya juga banyak disukai oleh anak muda masa kini. Sedikit demi sedikit K-pop juga menggeser musik-musik ditanah air dan musik dari negara lain. Luar biasa ya K-pop sekarang ini mendunia tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga diberbagai negara lainnya. Menurutmu, apa yang membuat musik k-pop lebih digandrungi oleh anak muda masa kini dibandingkan musik dari belahan dunia lainnya?

1 Like

K-pop itu termasuk dalam Hallyu atau Korean Wave, sebuah upaya Pemerintah Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya, sehingga Hallyu merupakan program Pemerintah Korea Selatan dalam diplomasi publik sebagai soft-power.

Nah, yang membuat K-pop ini menjadi populer itu lagunya yang super catchy. Membuat pendengarnya dalam satu kali mendengarkan lagu selalu terngiang-ngiang.

Tapi, satu yang berbeda adalah K-pop memperkenalkan satu paket kesempurnaan melalui musik yaitu, secara visual, dance yang sangat unik, suara dari penyanyi yang kualitasnya baik, serta beberapa tambahan rap. Grup atau penyanyi K-pop biasanya memiliki konsep pada setiap lagu, dan yang menjadi menarik adalah mereka menyiapkan semua hal secara matang, dari kostum, lagu, set video klip, kamera, bahkan dance. Semua kesempurnaan ini tidak semerta-merta muncul begitu saja, ini berkat dari training yang dilakukan oleh penyanyi selama bertahun-tahun, mempelajari dance, bernyanyi, mixing lagu, hingga attitude yang baik.

K-pop seolah-olah menyajikan semua keinginan dari pendengarnya, sehingga walaupun memiliki bahasa yang berbeda, emosi dan pesan bisa dirasakan melalui gerakan dance, ritme musik. Kita ambil salah satu contoh, yaitu boy group terbesar di Korea Selatan dan dunia saat ini, BTS. Saat ini, penggemarnya banyak sekali dari berbagai kalangan. Tapi apa yang membuat mereka jadi penggemar? Hampir semua grup, termasuk BTS, berusaha menyampaikan pesan positif. Ditambah degnan berbagai macam oportuniti untuk menyebarkannya, seperti menjadi ambassador produk.

Referensi

Marian Liu, Youjin Shin, Shelly Tan, “How Kpop Conquered the Universe?” The Washington Post. July 2021, diakses melalui https://www.washingtonpost.com/arts-entertainment/interactive/2021/kpop-bts-youtube-twitter-blackpink/ pada 19 Juli 2021

Sebagai pendengar musik K-pop, saya merasa bahwa makna pada lagu yang dibawakan dapat tersampaikan dengan cukup baik. Bahasa bukan sebuah faktor penghalang untuk memahami sebuah lagu. Saat ini sudah banyak lagu Korea yang menyediakan subtitles di music video mereka. Jenis lagu yang beragam dipadu lirik yang seringkali relate dengan kehidupan juga menjadi poin plus yang membuat saya menjatuhkan pilihan untuk mendengar musik K-pop. Terlebih jika suatu grup K-pop mengeluarkan music video, biasanya ada alur cerita yang menarik untuk diikuti, visualisasi yang ditampilkan pun segar dan tidak membosankan. Jangan lupakan koreografi apik yang ditampilkan saat masa promosi di acara musik, bagi saya itu adalah sebuah hadiah untuk setiap pekerjaan yang sudah saya selesaikan.