Apa Yang Membuat Menjadi PNS “Menarik”?

image

Pelaksanaan CPNS 2021 sudah memasuki tahap akhir pada proses SKD dan hanya menyisakan beberapa daerah yang belum melaksanakn tes. Tentu saja kecemasan melanda banyak orang, khususnya mereka yang bercita-cita untuk jadi PNS. Pasalnya, mereka harap harap cemas terkait kemungkinan mereka lolos pada tahap seleksi berikutnya dan menjaga asa menjadi seorang PNS. Berkarier sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu hal yang didambakan berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Banyak orang mengatakan, menjadi seorang PNS merupakan profesi yang paling aman dan stabil ketimbang pekerjaan lainnya. Karena itulah, satu posisi dalam suatu instansi bisa diperebutkan ribuan orang dalam seleksi CPNS yang diadakan setiap tahun.

Lantas, apa sebenarnya alasan banyak orang lebih memilih bekerja sebagai PNS? Tulis pendapat kalian dikolom komentar yaa.

Menurut saya sendiri, ya betul, karena menjadi PNS dikira sudah menjadi titik aman dalam karir, mendapat gaji tetap, gaji tunjangan pekerjaaan, dan dana pensiun pastinya, itu membuat semua orang tergiur. Belum lagi pekerjaan yang mungkin juga lebih leluasa dibandingkan pada sektor swasta sehingga mereka yang menjadi PNS juga meluangkan waktu untuk membuka bisnis sampingan yang lagi-lagi menambah penghasilan mereka.

Sehubungan dengan jawaban kak @satrioadil mengenai tunjangan. Menurut saya yang paling menarik dari pekerjaan ini adalah tunjangannya, hidup akan terjamin sampai hari tua kecuali kalau negara sudah bangkrut.

Berdasarkan lama www.detikfinance.com, erikut tunjangan-tungjangan PNS beserta besarannya.

*Tunjangan kinerja, yang berbeda-beda tergantung jabatan. Tukin tertinggi sebesar Rp 117.375.000 untuk level jabatan struktural Eselon I dengan peringkat jabatan 27 dan tunjangan terendahnya ditetapkan sebesar Rp 5.361.800 untuk jabatan pelaksana atau peringkat jabatan 4.

  • Tunjangan suami istri sebesar 5% dari gajinya

  • Tunjangan anak sebesar 2% dari gaji

  • Tunjangan makan dengan besaran terendah Rp 360.000 per bulan untuk eselon VA, lalu Rp 490.000 untuk IVB, Rp 540.000 untuk IVAA, Rp 1.260.000 untuk IIIA, dan tertinggi Rp 5.500.000 untuk eselon IA.

  • Tunjangan umum. Besarannya untuk Golongan PNS IV sebesar Rp 190 ribu, Golongan PNS III mendapatkan tunjangan umum sebesar Rp 185 ribu, Golongan PNS II Rp 180 ribu, dan Golongan PNS I mendapatkan tunjangan umum sebesar Rp 175 ribu.

Tunjangan di atas belum termasuk tunjangan pensiun PNS. Jadi, siapa yang tidak tertarik?

Summary

Di Luar Gaji Pokok, Ini 6 Tunjangan PNS Beserta Besarannya (detik.com)

PNS membawa beberapa keuntungan seperti pola kerja yang sistematis, terstruktur serta jaminan pensiun yang cukup. Selain itu PNS bisa menjadi jalur aman dalam berkarir. Bagi sebagian orang yang mungkin menyukai pekerjaan bersifat tetap dan konsisten, menjadi PNS bisa dipertimbangkan karena segala sesuatunya telah diatur termasuk jam kerjanya.

menjadi PNS itu pasti dan jelas. Gajinya pasti, jaminan masa tua dan jenjang kariernya jelas. karena pns merupakan jalur aman dalam berkarir karena tidak ada PHK, karena yang diberhentikan dari instansi pemerintahan biasanya karena melakukan kesalahan fatal.

Menurut saya, ada beberapa hal yang menjadi faktor pendorong bagi kebanyakan orang sehingga lebih memilih menjadi PNS. Salah satunya ialah tergiur oleh tunjangan. Di samping gaji pokok, hak PNS juga meliputi tunjangan umum atau tunjangan jabatan, tunjangan istri dan anak, tunjangan hari tua, serta tunjangan kinerja. Selain itu, yang menjadi daya pikat profesi PNS adalah kepastian karier serta jaminan hidup mereka. Sebelum rencana rasionalisasi atau perampingan jumlah PNS direalisasikan, semua pegawai instansi pemerintahan dapat bekerja dengan tenang. Mereka tak perlu merasa waswas sewaktu-waktu akan terkena PHK layaknya para pegawai swasta. Begitu pula dalam hal kesejahteraan. PNS memang belum tentu bisa hidup bermewah-mewah, tapi sejak masih berstatus pegawai hingga sudah pensiun, kebutuhan hidup mereka dan keluarga bisa dipastikan tercukupi.

Menjadi PNS di Indonesia juga dapat menikmati sejumlah keistimewaan, antara lain Surat Keputusan (SK) yang sangat berharga, yang bisa mereka jadikan agunan ketika mengajukan pinjaman ke bank, serta bantuan uang muka dari pemerintah ketika mengajukan kredit rumah. Kemudahan lain bisa dirasakan ketika ingin meneruskan pendidikan. Pasalnya, banyak instansi yang mau membiayai atau menyediakan beasiswa khusus bagi para PNS. Beberapa hal tersebut yang kemudian menjadi sesuatu yang menggirukan bagi kebanyakan orang untuk mendaftar menjadi PNS.

Menurut saya yang membuat PNS itu menarik mungkin dari gaji dan tunjangannya. Setau saya juga, menjadi pns itu salah satu zona aman dalam berkarir. Makanya, banyak sekali yang tertarik untuk menjadi PNS.

Menurut aku dari prospek kerjanya, tunjangannya, dan tingkat sosialnya.
Beberapa orang dari lingkungan sosialku sangat menjunjung tinggi seseorang dengan label PNS, jadi membuat aku pun tertarik untuk mengetahui lebih dalam dengan label PNS ini.

Diluar dari persperktif itu mungkin memang menjadi bagian dari PNS, akan membuktikan pengabdian mereka terhadap negara.

Menurut saya yang membuat PNS menarik adalah karena dipandang mapan oleh sebagian besar oleh masyarakat Indonesia, banyaknya tunjangan, serta gaji yang pasti.