Apa yang istimewa dari kata amin diucapkan setelah berdoa?

Kenapa dalam mengakhiri doa selalu kita menggunakan kata amin ? Dalam memberikan ucapan baik sering kali kita menyebutkan amin. Istimewanya dimana?

Didalam bahasa Ibrani kata amin memiliki konotasi kebenaran dan kesetiaan. Kata ini diucapkan dibelakang ucapan-ucapan yang khidmat, misalnya ucapan berkat atau memuliakan Allah. Sebagai umat Islam, kita mengenal kata “amin” yang diucapkan setelah berdoa, ketika salat atau tepatnya setelah membaca surat Al-Fatihah, atau pun harapan yang diucapkan oleh orang lain.

Tak jarang juga jika kata amin tak asing ditelinga kita. kata amin selalu menjadi kata yang selalu kita ucapkan tidak kenal dimana pun dan kapan pun. Kata amin selalu menjadi pelekat sebagai suatu doa atau perkataan baik yang selalu dilontarkan orang lain kepada kita maupun perkataan yang kita ucapkan untuk orang lain. Yang tujuannya agar semoga dapat terdengar oleh sang maha kuasa.

Kalau saya pribadi, menganggap ucapan “amin” sangat istimewa, dan saya juga sangat senang dengan ucapan “amin” ini karena merupakan bentuk kepercayaan dan keyakinan bahwa tuhan itu ada dan dapat mengabulkan doa kita.

Apalagi kalau yang mengucap “amin” itu orang lain. Rasanya seperti bentuk apresiasi atau kasih sayang orang lain kepada kita.