Apa yang dokter lakukan saat periksa gigi anak pertama kali?

Apa yang dokter lakukan saat periksa gigi anak pertama kali?

Kunjungan pertama ke dokter gigi biasanya singkat dan dokter hanya melakukan beberapa perawatan ringan. Kunjungan ini memberikan anak Anda kesempatan bertemu dengan dokter gigi dengan cara yang menyenangkan. Sebagian dokter gigi biasanya mempersilakan orangtua untuk duduk di bangku perawatan dan menemani anaknya selama proses berlangsung.
Sebagian lainnya justru meminta orangtua untuk menunggu di luar ruangan selama masa perawatan agar hubungan antara anak dan dokter gigi dapat terbangun secara lebih dekat.
Selama periksa gigi anak, dokter gigi akan mengecek apakah ada gigi yang mengalami pembusukan, kemudian memeriksa gigitan anak, dan melihat segala masalah yang berpotensi pada gusi, rahang, dan jaringan mulut. Jika diperlukan, dokter akan membersihkan gigi anak dan melihat kebutuhan flouridenya. Fluoride membantu mencegah kerusakan gigi dengan membuat gigi lebih tahan terhadap serangan asam dari bakteri plak dan gula.
Selain itu, dokter juga akan memberitahu orangtua tentang dasar-dasar merawat kesehatan mulut anak dan mendiskusikan masalah perkembangan gigi anak.
Topik yang mungkin didiskusikan oleh dokter gigi Anda biasanya meliputi:
Praktik kebersihan mulut yang baik untuk gigi dan gusi dan rongga gigi anak Anda.
Kebutuhan fluoride.
Kebiasaan yang berhubungan dengan mulut misalnya mengisap jempol dan mengisap atau menggigit bibir.
Mengatasi tumbuh gigi pada anak.
Nutrisi yang tepat untuk gigi anak.
Jadwal pemeriksaan gigi. Biasanya dokter menganjurkan untuk datang setiap 6 bulan sekali. Hal ini selain dilakukan untuk memantau perkembangan gigi juga dimaksudkan untuk membangun kedekatan dan kepercayaan anak terhadap dokter gigi.