Apa yang dimaksud kano model?


Dalam produk roadmap terdapat teknik prioritas pengembangan produk, salah satunya kano model.

Kano model adalah cara mendalam untuk memahami dan mengkategorikan 5 jenis Customer Requirements (atau fitur potensial) untuk produk dan layanan baru.

Ini dibuat pada awal 80-an oleh profesor Jepang, Noriaki Kano, tetapi terus hari ini menjadi alat penting untuk semua organisasi yang tidak bergantung pada industri atau ukuran. Tujuan utama dari Kano Model adalah:

  • Mengkomunikasikan 5 kategori universal persyaratan pelanggan yang semua pengembang produk dan layanan harus sadari agar tetap kompetitif.
  • Menunjukkan bagaimana masing-masing dari 5 kategori universal ini dapat mempengaruhi kepuasan dan ketidakpuasan.
  • Menunjukkan bagaimana 2 kategori menambahkan nilai dan 2 kategori mengurangi nilai, dan 1 kategori menciptakan nilai baru.
  • Membantu organisasi memahami kebutuhan pelanggan mereka lebih baik daripada pelanggan mereka memahami kebutuhan mereka sendiri.
  • Menyediakan mekanisme untuk membantu organisasi memahami dan mengklasifikasikan semua persyaratan atau fitur pelanggan potensial ke dalam 5 kategori ini sehingga mereka dapat memprioritaskan upaya pengembangan pada hal-hal yang paling memengaruhi kepuasan dan kesetiaan. Ini dilakukan oleh Survei Kano, atau kadang disebut Analisis Kano.
Referensi

https://www.kanomodel.com/