Apa yang dimaksud dengan Teori Elementary Perceiver and Memorizer (EPAM)?

Psikolog kognitif, ekonom, dan filsuf Amerika Herbert Alexander Simon (1916-2001) dan ilmuwan kognitif / komputer Edward A. Feigenbaum (1936-) mengusulkan dan mengembangkan teori terpadu yang mensimulasikan persepsi dan memori yang disebut EPAM/elementary perceiver and memorizer (“penginderaan dasar dan penghafal” ) pada tahun 1959, yang merupakan program komputer yang menjelaskan perilaku dalam sejumlah paradigma eksperimental, termasuk domain eksperimental klasik memori verbal, dan pembelajaran mengategorikan rangsangan.

Dengan demikian, EPAM - sebagai simulasi komputer dari proses persepsi, pengenalan, dan memori manusia, dan struktur simbolik yang mendukungnya - telah berhasil memprediksi berbagai macam temuan eksperimental / empiris tentang persepsi manusia, pembelajaran verbal dan konsep, dan pendek. memori jangka panjang dan jangka panjang.

Versi terbaru dari model ini disebut EPAM IV dan telah disesuaikan untuk menangani tugas memori jangka pendek dan jangka panjang serta tugas ahli memori. Modifikasi utama saat ini mencakup struktur pengambilan, atau skema memori jangka panjang, yang dibuat oleh operasi pembelajaran pakar dan dilengkapi dengan penambahan proses penelusuran asosiatif dalam memori jangka panjang.

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.