Apa yang dimaksud dengan Karakteristik Perminaan?

image

Karakteristik permintaan adalah aspek studi penelitian yang mengarahkan partisipan pada tujuan atau keinginan peneliti. Efek ini bisa disadari atau tidak; peserta mungkin tidak menyadari bahwa karakteristik permintaan telah mempengaruhi perilaku mereka. Karakteristik permintaan dapat mencakup aspek materi stimulus atau elemen lingkungan lainnya, atau isyarat halus yang diberikan oleh peneliti, termasuk perilaku verbal dan nonverbal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karakteristik permintaan dapat memiliki efek yang kuat pada partisipan penelitian, dan bahwa peneliti tidak terlalu terampil dalam mengurangi karakteristik permintaan yang ada dalam perilaku mereka. Salah satu solusi umum untuk masalah karakteristik permintaan dalam hal perilaku pelaku eksperimen adalah studi double-blind, di mana peserta dan pelaku eksperimen tidak menyadari tujuan peneliti dan / atau kondisi eksperimental tertentu.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)