Apa yang dapat menyebabkan gusi bengkak?

Pembengkakan yang terjadi pada gusi dapat membuat penderitanya lebih sensitif. Gangguan ini membuat penderitanya akan merasakan sensasi berdenyut-denyut pada bagian gusi yang disertai dengan kepala yang terasa seperti hendak meledak. Selain itu, gusi bengkak juga dapat menyebabkan gusi berdarah pada saat melakukan aktivitas menggosok gigi. Apa yang dapat menyebabkan gusi bengkak?

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

1.Gingivitis
Gingivitis merupakan salah satu bentuk peradangan gusi yang dapat menyebabkan gangguan gusi bengkak. Pada beberapa kasus, penderita gingivitis tidak dapat menyadari bahwa mereka telah mengalami gangguan gusi tersebut. Hal ini dikarenakan gejala atau tanda-tanda gangguan ini sangat ringan. Namun jika gangguan gingivitis ini tidak segera diobati akan dapat menimbulkan hilangnya gigi.

  1. Kebersihan mulut yang buruk
    Kebersihan mulut merupakan salah satu hal utama yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada mulut seperti gusi bengkak. Dimana kebersihan mulut yang buruk dapat menimbulkan plak gigi yang merupakan kumpulan dari sisa-sisa makanan yang menumpuk pada bagian gigi atau sela-sela gigi yang bercampur dengan bakteri. Lama kelamaan jika tidak segera ditangani, plak tersebut dapat berubah menjadi karang gigi yang akan lebih sulit untuk dihilangkan.

  2. Kehamilan
    Selama masa kehamilan, seorang wanita akan menjadi lebih rentan untuk mengalami gangguan gusi bengkak. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon semasa kehamilan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam melawan timbulnya bakteri penyebab gusi bengkak. Hal ini juga dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi dan pada akhirnya akan menyebabkan peradangan pada gusi sebagai akibat peningkatan aliran darah.

  3. Infeksi
    Pembengkakan yang terjadi pada gusi juga dapat disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh virus maupun jamur. Seseorang yang terinfeksi virus herpes yang menjadi gangguan penyakit herpes akut gingivostomatitis maupun pertumbuhnan jamur candida yang berlebihan dalam mulut, dapat menyebabkan terjadinya gangguan gusi bengkak.

  4. Kekurangan nutrisi (malnutrisi)
    Meskipun terdengar jarang terjadi, namun penyebab gusi bengkak juga dapat karena tubuh kekurangan asupan nutrisi seperti makanan yang mengandung vitamin B dan juga vitamin C yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga, memelihara, serta melakukan perbaikan pada gusi dan juga gigi.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/cara-hidup-sehat/cara-mengatasi-gusi-bengkak