Apa yang Anda ketahui tentang lukisan “Ngembah Ngarai”?

Lukisan diatas adalah lukisan berjudul “Lembah Ngarai” yang merupakan salah satu hasil karya lukis dari Wakidi. Di dalam lukisan tersebut terdapat sebuah makna yang dalam. Menurut pendapat Anda, apakah makna dalam lukisan tersebut?

Makna lukisan “Lembah Ngarai”

Dalam lukisan “Lembah Ngarai” ( 1977 ) ini , Wakidi menampilkan stereotip Mooi Indie dengan kekhasannya. Lembah dan ngarai berlekuk-lekuk bermandikan cahaya dengan gunung sebagai latar belakang menggambarkan suasana yang tenang dan damai. Irama alam itu menjadi penuh pesona dengan munculnya gugusan pohon-pohon yang menghutan, rumah-rumah yang tersembul dari dusun, susunan sawah-sawah, dan kelokan sungai-sungai yang bercahaya. Dengan gaya naturalisme itu, Wakidi sebagai pelukis pemandangan mempunyai pilihan objek dan warna lembut yang telah dikenal luas oleh masyarakat.

Pada pelukis-pelukis priayi di masa kolonial Belanda, paradigma estetik Mooi Indie yang mengungkapkan romantisisme eksotis, sangat mendukung pandangan kultural mereka yang sangat menekankan pada nilai-nilai harmonis. Lukisan Wakidi yang naturalis itu juga merupakan adaptasi dan pengaruh dari pelukis-pelukis Belanda yang datang ke Indonesia pada awal abad ke-20. Mereka membawa mashab Haagseschool, yaitu lukisan pemandangan dari Den Haag yang terpengaruh pelukis-pelukis pemandangan Barbizon.

Karya Wakidi ini merupakan manifestasi dari tipe ideal umumnya yang dikembangkan pelukis-pelukis Mooi Indie dalam menggambarkan alam. Dalam lukisan mereka, selalu terungkap suasana ketenangan yang menghijau lewat lembah-lembah dan gunung, sawah-sawah dan pepohonan, telaga, laut, dan ombaknya. Suasana ketenangan itu tidak lain adalah dunia ideal yang utuh dan tidak tepecah-pecah, seperti yang selalu dibayangkan oleh orang-orang romantis.

sumber