Apa yang anda ketahui tentang keunikan hewan kangguru

Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru.Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat.

Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20–25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.

Kangguru diketahui memiliki otot tungkai depan (bisep) yang kuat, dan kini telah diketahui bahwa otot tersebut selain digunakan untuk berkelahi, juga digunakan untuk memikat betina.

Terdapat tiga spesies kanguru:

  • Kanguru Merah
    Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.

  • Kanguru Abu-abu Timur
    Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.

  • Kanguru Abu-abu Barat
    Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput.

Beberapa keunikan terkait dengan hewan kangguru adalah sebagai berikut :

  1. Tergantung pada spesies, kanguru bisa tumbuh 1-8 meter tingginya dan mencapai berat 40-200 kilogram. Gray Timur adalah terberat (sekitar £ 200) dan Red Kangaroo adalah yang terbesar (9 kaki) spesies.

  2. Kanguru bisa merah, abu-abu atau kecoklatan. Mereka memiliki besar dan kuat ekor dan kaki panjang yang digunakan untuk melompat. Kaki dapat digunakan untuk mengingatkan anggota lain dari kelompok tentang situasi berbahaya (dengan sangat memukul tanah).

  3. Kanguru adalah satu-satunya binatang besar yang bergerak dengan melompat. Ini adalah cara yang efisien gerak karena mempertahankan energi. Kangaroo tidak bisa bergerak kaki belakang terpisah selama melompat.

  4. Kanguru adalah perenang yang sangat baik. Ketika mereka berenang, mereka mampu menggerakkan kaki belakang mereka secara terpisah.

  5. Kanguru adalah herbivora. Mereka makan rumput, semak, tunas dan daun pohon. Karena perut mereka mirip (anatomis) dengan perut ruminansia, mereka memuntahkan makanan mereka dan mengunyahnya beberapa kali sebelum mereka menelannya.

  6. Pria kanguru dapat melompat jarak 30 kaki dan 10 kaki tingginya. Hal ini dapat mencapai kecepatan 40 mil per jam melalui melompat.

Kanguru merupakan hewan mamalia khas Australia. Apa keistimewaannya? Kanguru memiliki keistimewaan dalam kemampuannya melompat jauh. Nah, bagaimana sih kemampuan melompat jauh ini bisa dimiliki Kanguru?

Kondisi Australia yang merupakan negara besar dengan wilayah yang luas membuat seekor hewan, termasuk kanguru, diharuskan memiliki kemampuan mencapai lokasi jarak jauh dengan cepat demi mendapatkan makanan dan air untuk hidup. Nah, alasan lingkungan tersebut diseimbangkan dengan keadaan fisik kanguru yang mampu melompat jauh. Kanguru mampu melompat sejauh 8 meter (5 kaki) dengan satu kali lompatan, bahkan kanguru dapat mencapai jarak lebih dari 50 kilometer per jam.

Rahasianya adalah kaki belakang yang besar dan kuat. Otot kaki belakangnya sangat kuat dan elastis. Pada setiap lompatan, otot kaki belakangnya akan menyimpan energi yang siap digunakan untuk lompatan berikutnya. Kekuatan ini didukung juga oleh kedua kaki belakang yang hanya mampu bekerja bersama-sama, sehingga ketika melompat kedua otot kaki belakang mendorong tubuh kanguru hingga mencapai jarak yang jauh.

Selain kedua kaki belakangnya, lompatan kanguru juga dibantu oleh ekornya sebagai penyeimbang. Pada saat melompat, ekor dari kanguru diayunkan seperti menggerakkan kaki belakangnya sehingga ada daya gerak atau momentum yang didapatkan. Jadi, ketika kaki belakang kanguru direntangkan maksimal, ekornya akan mengarah ke bawah juga, begitu juga saat kaki belakang didorong ke depan, ekornya akan diangkat ke udara.

Sumber:
sains.me