Apa saja wisata yang berada di Demak?

demak

Demak merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di pesisr utara provinsi jawa tengah yang mempunyai potensi wisata yang begitu beragam. Banyak sekali objek wisata di demak mulai dari wisata air, wisata alam hingga wisata religi semuanya sangat menarik untuk di jelajahi lebih luas. Namun apa saja nama tempat wisata tersebut?

Berikut 5 destinasi yang ada di kota wali. langsung simak saja ulasan berikut :

  1. Wisata Religi Masjid Agung Demak
    Obyek wisata di demak yang pertama adalah masjid agung demak yang syarat akan nilai sejarah. Masjid agung demak merupakan masjid peninggalan wali songo dan juga sultan fatah. Usia masjid agung demak ini pun sudah sangat tua yaitu sekitar 500 tahun.demak 1
    Tidak hanya mempunyai cerita sejarah tentang pendirinya, di lihat dari bentuk bangunanya pun ternyata mempunyai filosofi yang mempunyai arti begitu menarik. Yaitu, bnagunan masjid ini mempunyai 3 trap pada atap yang mempunyai arti islam, iman dan ihsan.
    Masjid tersebut juga mempunyai 4 buah tiang penyangga yang di buat langsung oleh wali dan juga 8 tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari raja majapahit, raja majapahit tersebut merupakan ayah dari sultan fatahilah. Dari desain masjid tersebut juga telah mejadi inspirasi bagi masjid-masjid lainya dan sekaligus menjadi ciri khas bangunan masjid yang ada di indoneisa.

  2. Wisata Budaya Sekaligus Religi di Museum Masjid Agung Demak
    Bagi anda wisatawan muslim, sesuai melaksanakan kewajiban sholat di masjid agung alangkah baiknya jika sekalian mengunjungi museum masjid agung yang berlokasi di sekitaran komplek masjid. demak 2
    Museum tersebut berisi berbagai peninggalan sejarah di masa kewalian seperti pintu masjid yang pertama kali, bedhug, berbagai macam kitab islam yang di tulis lansgung oleh wali dan juga gentong yang terbuat dari campa. Selain itu juga terdapat miniatur masjid sejak awal di bangun 500 tahun silam hingga sekarang.

  3. Berziarah Ke Makam Sunan Kalijogo Demak
    setelah selesai berkunjung ke masjid agung demak dan museum, mungkin anda bisa melanjutkan berwisata religi dengan berziarah ke makam sunan kalijogo demak. Sunan kalijogo merupakan seoarang wali yang menyebarkan islam di nusantara dengan cara pendekatan melalui seni dan budaya di indonesia. Mengingat pada jaman dahulu sangat kental sekali ikatan anatar budaya dan perilaku. Hal tersebut sangat lah bijak karena jika tidak dengan cara demikian maka masyarakat jaman dahulu akan dengan sigap untuk menolak ajaran beliau.

  4. Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Sayung demak
    Tempat wisata di demak jawa tengah selanjutnya adalah wisata alam hutan mangrove yang begitu indah dan menarik untuk di kunjungi. Jika anda berkunjung ke lokasi tersebut, anda akan di sambut dengan rimbunya hutan mangrove yang keren abis untuk di jadikan obje foto.


    Di tempat ini anda juga bisa menikmati sunset sembari menimati asrinya berada di tengah-tengah hutan mangrove. kehadiran bangau putih yang merupakan salah satu hewan penghuni di kawasan tersebut menciptakan suasa yang sangat nyaman.

  5. Wisata Air Demak di Pantai Morosari Demak
    Selain mempunyai wisata alam huatan mangrove yang sangat menarik, di kawasan wisata tersebut juga terdappat pantai yang bisa anda kunjungi. pantai ini masih terglong pantai yang sepi dan jarang di kunjungi.


    Pantai ini ramai hanya pada waktu tertentu saja , seperti pada waktu libur hari raya idul fitri. Karena pada saat itu di pantai morosari diadakan lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut. Tradisi ini di sebut dengan sebutan syawalan, dan tidak sedikit orang menyebut loman.

Sumber: