Apa saja tes yang dijalani oleh seseorang yang mengalami gangguan gusi bengkak?

Seseorang yang mengalami gangguan gusi bengkak yang telah terjadi selama lebih dari 2 minggu harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter. Pasien tersebut kemungkinan akan mendapatkan beberapa tes, apa saja tes tersebut?

Beberapa tes diantaranya untuk yang mengalami gangguan gusi:

  1. Tes fisik
    Tes ini dilakukan dengan jalan memeriksa langsung ke dalam mulut pasien untuk mengetahui apakah pembengkakan gusi disertai dengan timbulnya nanah atau tidak. Dokter kemungkinan juga akan mengajukan pertanyaan seputar pola makan maupun frekuensi terjadinya gangguan tersebut

  2. Tes darah
    Tes ini biasanya akan dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi yang terjadi pada organ tubuh lainnya.

Komplikasi

Pembengkakan yang terjadi pada gusi bisa menandakan terjadinya infeksi yang serius pada organ mulut. Pembengkakan yang tidak memiliki gejala apaun seperti timbulnya rasa nyeri maupun perdarahan pada gusi dapat menandakan bahwa telah terjadi infeksi ringan pada gigi. Namun jika hal tersebut tidak segera diobati, maka akan dapat mengakibatkan timbulnya infeksi yang lebih parah atau lebih serius. Infeksi ini lama kelamaan dapat menyebar keseluruh tubuh dan dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular maupun penyakit sistemik lainnya, seperti timbulnya abses pada organ otak.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/cara-hidup-sehat/cara-mengatasi-gusi-bengkak