Apa saja persyaratan fisik untuk menjadi dokter gigi?

dentistry_poster_dentist_stylized_muscle_tooth_icon_32519

Menjadi dokter gigi bukanlah hal yang mudah, kita harus memenuhi kriteria yang sesuai dengan persyaratannya. salah satunya adalah persyaratan fisik, apa saja kah itu?

Persyaratan Fisik Menjadi Dokter Gigi

  1. Sehat jasmani dan rohani

Syarat menjadi dokter gigi yang pertama adalah memiliki tubuh yang sehat baik secara fisik maupun mental. Ini juga merupakan tips menjadi dokter gigi yang utama, karena Anda akan memeriksa pasien dan kesehatan jasmani dan rohani akan menghindari Anda dari kesalahan pada saat memeriksa pasien.

  1. Tidak buta warna

Salah satu tes kesehatan masuk dokter yang harus Anda jalani agar Anda memenuhi syarat menjadi dokter gigi tes buta warna. Seorang dokter tidak boleh buta warna karena akan dihadapkan oleh berbagai organ fisik. Karena jika sampai terjadi kesalahan akibat buta warna maka akan berakibat fatal bagi si pasien.

  1. Bebas Narkoba dan Obat-obatan Terlarang

Syarat fisik jadi dokter gigi yang lainnya adalah memiliki kondisi otak yang fresh dan jauh dari keadaan stress karena seorang dokter harus fokus terhadap pasien. Jika Anda sedang merasa stress maka ada kemungkinan bahwa Anda tidak bisa menentukan diagnose yang tepat dari gejala-gejala yang dimunculkan pasiennya. Oleh karena itu, calon dokter gigi pun harus bebas dari konsumsi obat-obatan terlarang.

Syarat menjadi dokter gigi yang tak kalah pentingnya adalah melaksanakan koas atau profesi, ini adalah syarat yang paling sulit karena ini adalah tahap dimana Anda akan mengaplikasikan ilmu kedokteran yang selama ini Anda pelajari di bangku kuliah. Koas adalah tahap dimana Anda sudah bertindak sebagai dokter namun masih di bawah pengawasan pembimbingnya.