Apa saja penyebab utama masalah gigi pada anak?

123

Permasalahan kesehatan yang dialami anak-anak cukup kompleks. Salah satunya yang patut jadi perhatian lebih adalah masalah gigi. Kebiasaan anak kecil yang lazim ditemui seperti minum susu langsung dari botol dan makan yang manis-manis, bisa menjadi faktor penyebab munculnya masalah gigi pada anak. lalu apa saja penyebab lain masalah gigi pada anak?

Karies atau decay merupakan kerusakan jaringan keras gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Penyakit ini dapat menular dan penyebabnya adalah bakteri Streptoccocus mutans serta Lactobacilus. Awal terjadinya karies adalah timbulnya kerusakan pada permukaan email gigi. Hal itu membuat gula yang masuk ke rongga mulut dimetabolisme oleh enzim bakteri menjadi asam sehingga menghasilkan plak gigi yang lengket. Kondisi tersebut menimbulkan kerusakan pada permukaan gigi. Jika hal ini tidak diatasi dengan baik, gigi akan berlubang.

Efek-efek lanjutan karies pada gigi, yaitu sakit pada pulpa (saraf gigi), abses pada gusi, atau terjadinya pembengkakan pada wajah (facial cellulitis). Infeksi akut yang menyebabkan pembengkakan pada wajah umumnya disertai demam dan harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi. Apabila anak terkena karies, orangtua atau pengasuhnya pun berpotensi tertular penyakit ini. Penularan dapat terjadi melalui penggunaan alat makan yang sama, empeng yang dibersihkan dengan mulut ibu atau pengasuh, atau anak memasukkan tangan ke mulut ibu saat bermain.

Anak yang mengalami karies biasanya menjadi susah makan karena tidak tahan terhadap sakit gigi yang dirasakannya. Akibatnya timbul gangguan pada kesehatan fisik anak, seperti pertumbuhan lebih lambat dan terjadi gangguan pertumbuhan gigi permanen. Oleh karena itu, jika anak mengalami karies gigi, harus segera ditangani dengan baik. Perawatan yang dilakukan mencakup perawatan gigi dan konseling untuk orangtua, seperti rekomendasi diet anak dan pemeliharaan kebersihan mulutnya.

Dari semua solusi di atas, yang paling penting adalah mengingatkan si kecil agar rajin menggosok gigi dan mengajarkan kepada mereka, baik itu tentang manfaat-manfaat menggosok gigi maupun akibat-akibat jika malas sikat gigi. Berikan sikat gigi berbahan bulu halus seperti sikat gigi Charcoal Protection dengan charcoal britstles yang mampu mengatasi sisa makanan yang terselip pada sela gigi.