Apa saja penyebab terjadinya gigi berulat?

Gigi yang mengalami gangguan seperti berlubang atau keadaan lainnya seharusnya tidak dibiarkan dan harus segera dirawat serta diperiksakan ke dokter gigi, karena apabila dibiarkan maka hal yang dikhawatirkan adalah keadaan dapat bertambah buruk. dan dapat menyebabkan ulat pada gigi.

Berikut ini informasi mengenai 6 penyebab gigi berulat tersebut:

  1. Gigi Berlubang yang Cukup untuk Ulat Masuk
    Ulat dalam gigi penyebab utamanya adalah gigi yang berlubang. Lubang di gigi walau terlihat kcil dapat dimanfaatkan oleh ulat sebagai jalan masuk. Ulat tubuhnya elastis, dapat masuk perlahan dan melubangi gigi hingga semakin besar dan kemudian ulat bertambah banyak. Anda dapat mencoba cara menambal gigi berlubang secara alami untuk menghindari ulat ini.

  2. Gigi Keropos dan Mudah Retak
    Selanjutnya, jalan masuk lain untuk ulat ke dalam gigi adalah juga gigi yang retak karena keropos. Keadaan ini khususnya sering menyerang penderita yang kekurangan kalsium untuk menjaga gigi tetap sehat dan terlindungi dari keropos penyebab gigi retak.

  3. Seringkali Membiarkan Makanan Membusuk di Gigi
    Penyebab gigi berulat pun juga terjadi karena anda sering membiarkan makanan membusuk di gigi. Selesai makan pastikan untuk selalu menggosok gigi. Jika tidak, maka sisa makanan yang tertinggal pun dapat menjadi sarang perkembangan ulat yang tidak baik untuk gigi anda dan sekaligus menjadi makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

  4. Seringkali Menggosok Gigi terlalu Kuat
    Anda juga dapat membahayakan gigi jika terlalu kuat disikat atau digosok. Hal ini membuat sikat gigi akan membuat gigi rapuh dan menjadi mudah untuk jalan masuk ulat ke dalam. Pastikan untuk segera mengatasi kebiasaan buruk menggosok gigi ini.

  5. Gigi Rusak akibat Makanan Manis
    Mengonsumsi makanan manis berlebihan dan membiarkan sisa makanannya di gigi anda dapat membahayakan anda. Pasalnya makanan manis akan membuat gigi keropos dan ulat menjadi lebih mudah masuk dan merusak bagian dalam mulut anda dengan berbahaya.

  6. Gigi Rusak akibat Konsumsi Alkohol
    Anda juga dapat mengalami kerusakan gigi karena tingkat keasaman gigi yang berubah. Keasaman gigi ini dapat berubah akibat dari konsumsi alkohol yang melebihi batas normal. Akhirnya, gigi menjadi lebih mudah berlubang dan ulat lebih mudah untuk masuk juga.

sumber: https://halogigi.com/penyebab-gigi-berulat