Apa saja penyebab kanker kelenjar ludah?

06-BERBAGI 10

Kanker kelenjar ludah akan sangat berbahaya jika dibiarkan, apa ya penyebab dari kanker kelenjar ludah ini?

Penyebab kanker kelenjar ludah tidak diketahui secara pasti. Kanker kelenjar ludah terjadi ketika beberapa sel dalam kelenjar ludah mengembangkan mutasi dalam DNA mereka. Mutasi-mutasi ini memungkinkan sel-sel tumbuh dan membelah dengan cepat. Sel-sel yang bermutasi terus hidup ketika sel-sel lain akan mati. Kumpulan sel membentuk tumor yang dapat menyerang jaringan tredekat. Sel-sel kanker dapat mematahkan dan menyebar (bermetastasis) ke daerah-daerah yang jauh dari tubuh.

Kanker kelenjar ludah umumnya bukan faktor keturunan. Mutasi DNA yang menyebabkan terjadinya kanker ini biasanya didapat setelah lahir. Terkadang factor luar juga menjadi penyebabnya, seperti paparan radiasi dari luar atau paparan senyawa kimia. Kanker kelenjar ludah paling sering terjadi pada kelenjar parotis, yang terletak tepat di depan telinga. Pengobatan untuk kanker kelenjar ludah sering melibatkan operasi. Perawatan lain untuk kanker kelenjar ludah mungkin termasuk terapi radiasi dan kemoterapi.

Penyebab lain seperti munculnya virus yang menginfeksi manusia dapat meningkatkan risiko munculnya kanker kelenjar ludah. Contohnya adalah virus HIV dan Epstein-Barr. Sedangkan untuk virus HPV, meskipun merupakan penyebab utama beberapa jenis kanker di bagian leher, belum dapat dipastikan apakah juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kelenjar ludah.

Kanker kelenjar ludah termasuk penyakit yang jarang terjadi pada manusia. Oleh karena itu, biasanya dokter tidak merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan skrining kanker tanpa adanya gejala pada penderita. Selain itu, dikarenakan lokasi kanker yang mudah diamati, kanker kelenjar ludah cukup mudah ditemukan dan didiagnosis pada stadium awal. Kebersihan gigi dan mulut tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan agar bisa mencegah setiap orang terkena kanker kelenjar ludah.