Apa saja penyakit yang disebabkan kuman gigi?

apa saja penyakit yang disebabkan kuman gigi?

Sebenarnya di dalam mulut manusia terdapat beragam jenis kuman gigi. Secara medis, kuman tersebut disebut mikroorganisme. Terdapat berbagai jenis mikroorganisme, termasuk bakteri, jamur, virus, dan lainnya. Mikroorganisme tersebut menempel di berbagai bagian gigi, termasuk gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut lainnya.

Dalam keadaan tubuh sehat, mikroorganisme dalam mulut akan tetap seimbang dan tidak menimbulkan gangguan. Hanya saja, hal itu bisa berubah ketika timbul kuman gigi atau mikroorganisme merugikan yang mengganggu keseimbangan di dalam mulut. Selain itu, kondisi kesehatan tertentu atau konsumsi obat tertentu, juga dapat memengaruhi keseimbangan organisme pada mulut.
Beberapa jenis penyakit akibat kuman gigi atau mikroorganisme yang merugikan, antara lain:

  • Sariawan
    Sariawan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, meski tidak dianggap berbahaya. Sariawan terjadi karena mikroorganisme di dalam mulut tidak seimbang dan memicu pertumbuhan kuman gigi merugikan, yaitu jamur candida albicans yang lebih banyak dari biasanya.

  • Bau Mulut
    Bau mulut yang tidak sedap atau halitosis disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Bakteri ini bisa tumbuh pada sisa-sisa makanan, plak gigi ataupun penyakit gusi.

  • Karies
    Karies disebabkan oleh kuman gigi, yaitu bakteri yang menghasilkan asam yang merusak gigi. Ada tiga lapisan gigi yaitu enamel (email), dentin, dan pulpa dengan pembuluh darah dan saraf di dalamnya. Semakin banyak lapisan yang terkena karies, maka kerusakan gigi akan semakin berat. Penyakit ini biasanya menyebabkan sakit gigi.

  • Aktinomiokosis
    Kondisi infeksi bakteri ini tergolong jarang dan memiliki gejala yang berbeda-beda. Aktinomiokosis merupakan infeksi yang tidak umum, karena bakteri ini mampu menembus jaringan tubuh, meski secara perlahan. Gejalanya antara lain pembengkakan pada jaringan yang terinfeksi, kerusakan jaringan yang membentuk jaringan parut, atau abses yang berisi nanah.

  • Gangguan jantung
    Bakteri jenis tertentu di dalam mulut yang masuk ke dalam aliran darah, menurut sebuah penelitian, memiliki kemungkinan menyebabkan penggumpalan darah yang memicu penyakit jantung. Bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi di katup jantung yang sangat berbahaya.