Apa Saja Mitos Kukang Yang beredar di Masyarakat?

Kukang

Kukang merupakan hewan yang dilindungi oleh Undang – undang dikarenakan hewan ini semakin sedikit dialam liar , Penyebab berkurangnya jumlah kukang diakibatkan perburuan hewan ini untuk dipelihara bahkan untuk hal – hal gaib yang berbau mistis atau bisa kita sebut mitos. banyak sekali dari kita yang mendengar mitos beragam mengenai kukang ini, setiap daerah pastinya berbeda pula mitos dan tanggapan orang akan kukang.

Dibeberapa daerah kukang dijuluki MUKA dan dianggap membawa malapetaka bagi siapa saja yang mendapatkan atau melihat hewan ini, jika sampai memeliharanya akan membawa kematian , kesialan bagi orang-orang disekitarnya, pernah sesekali teman saya ( tidak disebutkan namanya dan asal demi privasi) becerita mengenai kampung halamanya dimana jika kita memelihara kukang atau muka maka akan membawa kesialan bahkan jika darah muka atau kukang menetes di tanah akan membawa kesialan kan kesensaraan pada warga setempat. Tidak hanya itu didaerah lainnya kukang dianggap membawa sial bagi pemiliknya jika dipelihara atau membunuh kukang , bisa dipastikan bahwa kukang akan membawa nasib sial kepanjangan atau semumur hidup bagi mereka yang memeliharanya.

Jika kukang diangap kesilan dibeberapa daerah , didaerah lainnya justru kukang membawa keuntungan seperti pembawa hoki dan dapat menghancurkan pesaing bisnis dimana kukang memiliki bisnis untuk melakukan hal tersebut. Lainhalnya dengan cerita seorang kakek asal Lampung yang percaya bahwa kukang dapat menangkal hal gaib juga dapat membuat seseorang yang ingin melakukan santet kepada kita dapat dibalikkan kepada orang tersebut, namun hal ini masih menyimpan banyak misteri tersendiri.

Namun dari beberapa mitos dan kepercayaan masyarakat apakah benar kukang memang membawa kesialan dan justru sebaliknya justru membawa hoki? Sekarang tergantung anda mau percaya atau tidak tergantung diri anda sendiri, akan tetapi menurut saya selaku penulis artikel ini memelihara kukang akan mebawa kesialan namun kesialan yang dimaksud bukanlah kesialan dari hal mitos , gaib atau mistis yang berbau misteri, melainkan kesialan yang akan anda dapatkan adalah kurungan penjara selama 3 tahun :D, sebab barang siapa saja yang memelihara kukang akan dikenakan pasal tentang perlindungan hewan langka , namun jika anda mendapatkan injin untuk memelihara kukang tentu saja bebas dari kesialan ini.