Apa saja manfaat bekam?


Bekam menjadi terapi alternatif yang semakin digemari banyak orang. Bahkan selebriti Hollywood seperti Justin Bieber, Jennifer Aniston, Victoria Beckham, dan beberapa lainnya juga sempat mencoba terapi yang satu ini.

Tidak dimungkiri, bekam memang menawarkan berbagai manfaat sehat, dengan harga yang relatif lebih murah daripada pengobatan konvensional lainnya. Apa saja manfaatnya?

Mengenal Bekam
Terapi bekam adalah pengobatan alternatif dengan menggunakan beberapa mangkuk kecil yang ditaruh di atas kulit kita, lalu dipanaskan untuk membuat kulit terisap. Mangkuk atau cup yang digunakan bisa terbuat dari beberapa bahan:

  1. Kaca
  2. Bambu
  3. Tembikar

Para pendukung terapi ini percaya bahwa isapan dengan mangkuk tersebut bisa memperlancar aliran darah untuk mendorong penyembuhan sejumlah penyakit. Namun secara umum, seperti dikutip WebMD, komunitas kedokteran barat meragukan klaim kesehatan yang disampaikan para pendukung tersebut.

Manfaat Bekam
Terapi bekam tidak hanya dilakukan oleh orang-orang atau masyarakat biasa. Sejumlah nama terkenal seperti artis Jennifer Anniston, Gwyneth Paltrow, Victoria Beckham, sampai petenis Andy Murray juga melakukan terapi ini.

Terapi yang merupakan salah bentuk dari akupuntur ini memang terbukti bisa memperlancar aliran darah dan meningkatkan energi tubuh kita. Kabar ini disampaikan Ian Stones, ahli akupuntur di Farnham, Surrey Inggris dan anggota British Acupuncture Council.

“Jika seseorang sedang stres atau menderita trauma fisik seperti keseleo bahu, energi dalam tubuh mereka bisa stagnan. Bekam bisa membuat darah dan energi kembali bergerak dan menuju ke berbagai area untuk memulai proses penyembuhan,” jelas Stones, yang sudah melakukan praktik terapi bekam selama 6 tahun.

British Cupping Society mengatakan beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan terapi ini. Mereka mengatakan terapi ini bisa mengobati kondisi kesehatan yang berbeda-beda, meskipun tidak diperkuat dengan studi. Tapi mereka menegaskan bahwa terapi bekam bermanfaat untuk mengobati:

  1. Gangguan darah, seperti anemia dan hemofilia
  2. Penyakit rematik, seperti arthritis dan fibromyalgia
  3. Kesuburan dan gangguan yang berhubungan dengan ginekologi
  4. Masalah kulit, seperti eksim dan jerawat
  5. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  6. Migrain
  7. Kecemasan dan depresi
  8. Penyumbatan bronkial yang disebabkan alergi dan asma
  9. Pembuluh mekar

Di samping deretan penyakit di atas, para pendukung terapi ini juga menambahkan bahwa efek atau manfaat lainnya ialah bisa mengurangi sakit atau nyeri dan peradangan di seluruh tubuh. Mereka juga mengatakan bekam bisa mendorong mental dan relaksasi fisik.

Sumber : Bekam

Manfaat bekam di punggung

Setelah anda mengetahui letak titik bekam di punggung yang sudah saya sediakan pada gambar diatas, saatnya anda juga mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan pembekaman diatasnya.

BEKAM1

  1. Titik bekam yang berada di punggung atas ini merupakan salahsatu titik inti bekam yang sangat bermanfaat untuk mengobati hingga 72 macam penyakit, menjaga keseimbangan tubuh, mengobati sakit kepala secara umum dan banyak lagi
  2. Nomor 2 ini juga merupakan titik bekam sunnah yang terletak di pundak kanan dan kiri serta bermanfaat untuk mengobati keracunan, melancarkan peredaran darah ke kepala, mengobati stroke dan untuk relaksasi otot pundak.
  3. Titik bekam yang ke tiga letaknya di samping tulang belikat kanan dan kiri manfaatnya adalah untuk kesehatan paru-paru dan saluran pernafasan secara umum, mengobati sakit urat belikat dan melegakan pernafasan
  4. Letak titiknya dekat sendi bahu yang memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri sendi pada bahu dan untuk kesehatan paru-paru
    BEKAM2
  5. Titik bekam punggung yang kelima ini letaknya di bawah tulang belikat yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan titik bekam nomor 3, jadi perpaduannya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan paru dan pernafasan serta kesehatan jantung secara umum.
  6. Titik bekam nomor 6 sebelah kiri memiliki manfaat untuk kesehatan lambung dan pencernaan secara umum, sedangkan yang sebelah kanan bermanfaat untuk kesehatan hati dan empedu.
  7. Titik nomor 7 letaknya di pinggang kanan dan kiri bermanfaat untuk kesehatan ginjal, usus dan kesehatan pencernaan. Mengobati masalah saluran kencing dan lainnya.
  8. Titik bekam di punggung yang terakhir ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan titik bekam nomor 7 yakni membantu mengobati masalah ginjal dan saluran kencing, selain itu bisa juga untuk meningkatkan vitalitas pria, mengobati haid tidak lancar dan banyak lagi.

Manfaat dan anjuran lainnya

Selain itu manfaat bekam di punggung secara umum juga membantu untuk meringankan rasa capek dan lelah dengan prinsip relaksasi otot pinggang dan punggung. Tak hanya itu bekam kering di punggung juga cepat mengatasi masuk angin dan angin duduk.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari terapi bekamuntuk menjaga kesehatan, sebaiknya lakukan terapi bekam basah pada titik-titik yang diperlukan pada waktu terbaik untuk berbekam yang bisa anda pelajari pada artikel saya terdahulu.

Namun jika terapi bekam punggung diperlukan untuk pengobatan yang sifatnya mendesak, pembekaman bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu.

Bekam pada titik pada kedua bahu (al-katifaini) bermanfaat untuk mengatasi sakit di pundak dan leher, dapat pula mengobati hipertensi. Bekam pada titik bagian pinggul atau pinggang (al-warak) bermanfaat untuk mengatasi gangguan ginjal dan susah buang air kecil, menghilangkan pegal-pegal. Beberapa manfaat bekam kering adalah:

  1. Menghilangkan pegal-pegal dan linu-linu pada sendi dan otot karena masuk angin.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Pelepasan neurotransmitter (rasa nyeri).
  4. Mengurangi kaku leher dan kaku pundak karena angin.

Adapun manfaat dari bekam basah adalah:

  1. Membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.
  2. Mengurangi darah kental pada tubuh.
  3. Mengurangi sakit kepala, migraine, leher kaku, dan mencegah stroke.
  4. Mengatasi gangguan tekanan darah yang tidak normal.
  5. Menghilangkan kejang-kejang dan keram yangterjadi pada otot.
  6. Membantu dalam pengobatan mata.
  7. Mengatasi gangguan kulit, alergi dan gatal-gatal.
  8. Menghilangkan zat sisa endapan pada sumbatan pembuluh darah kecil biasanya terdapat pada kulit, sisa endapan tersebut dapat menghambat arus pembuluh darah balik, endapan tersebut biasanya kolestrol ataupun sisa metabolic dan toxin.
  9. Merangsang pembentukan sel darah merah yang baru.
  10. Meningkatkan efektifitas penyampaian zat makanan dan oksigen ke semua sel karena terbentuknya sel darah merah yang baru.
  11. Mencegah kekakuan pembuluh darah.

Bekam sangat efektif untuk penyembuhan berbagai penyakit yang terkait dengan darah, khususnya yang disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau rusaknya jaringan darah. Beberapa penyakit yang cukup efektif diatasi dengan metode bekam diantaranya adalah hipertensi, hiperkolestrolemia, stroke, parkinson, alergi, penyakit yang terkait sistem imun, infeksi, dan insomnia.

Selain itu, bekam sangat bermanfaat untuk mengobati orang yang keracunan, baik keracunan makanan, bisa binatang, maupun sejenisnya, terutama keracunan di musim panas. Perlu diketahui bahwa racun menjalar ke seluruh tubuh melalui darah. Jika racun sudah menjalar ke jantung, maka orang yang keracunan kemungkinan tidak dapat tertolong lagi.

Bekam juga diketahui dapat merangsang pusat gerak tubuh seseorang, jadi bekam dapat merangsang sel-sel saraf, yakni sekitar saraf-saraf tertentu. Dalam kasus pasien yang mengalami kelumpuhan, pengobatan degan berbekam dapat membantu mempercepat pulihnya saraf motorik. Dengan melakukan beberapa kali pembekaman pada tempat tersebut, hasil yang maksimal akan dicapai.

Bekam juga merupakan salah satu metode pengobatan yang paling penting untuk tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi. Yakni berlebihnya darah pada diri seseorang. Jika darah bergejolak dan tekanannya meninggi maka hal itu akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak yang dapat mematikan penderitanya, atau menyebabkan dirinya terkena hemiplegia (lumpuh atau mati separuh badan).