Apa saja makanan yang membuat gigi lebih putih dan sehat?

apa saja makanan yang membuat gigi lebih putih dan sehat?

Gigi kuning jadi masalah untuk sebagian orang karena mengganggu penampilan. Demi mengembalikan kecerahannya, banyak orang memilih untuk lakukan beberapa perawatan. Menjanjikan kepraktisan dan hasil yang menjanjikan, tak heran mereka rela mengeluarkan biaya yang besar.

Padahal hal ini bisa diatasi dengan cara sederhana. Dilansir dari Bright Side (21/12), 9 makanan berikut ini ternyata ampuh atasi berbagai masalah gigi seperti cegah rasa sakit hingga dapat mengembalikan warna.

  1. Bawang bombay
    Selain bertindak sebagai pembersih gigi, bawang juga bisa memutihkan gigi. Meski berpengaruh pada bau nafas, tapi senyawa belerangnya bantu cegah pembentukan plak. Caranya dengan mengunyah bawang mentah kemudian diamkan di atas gigi. Menggosok bawang pada gigi juga bantu cegah sakit gigi. Ini jadi solusi untuk tak menggunakan pasta gigi terlalu sering. Pasalnya fluorida pada pasta gigi bisa mempercepat kerusakan gigi.

  2. Seledri
    Seledri yang segar renyah, baik untuk kesehatan gigi. Daunnya dapat mengurangi bakteri yang ada di mulut dan menghilangkan plak. Jika dikunyah dengan baik, seledri akan membersihkan alur di antara gigi Anda dari partikel makanan.

  3. Minyak kelapa
    Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa baik untuk melawan bakteri mulut, yang menyebabkan kerusakan gigi, bau mulut, dan penyakit gusi. Metode ini disebut oil pulling, yaitu dengan menggosok dan mengoleskan minyak pada gigi selama 15-20 menit. Tak perlu ditelan sehingga Anda bisa mengeluarkannya.

  4. Teh hijau
    Teh hijau kaya akan polifenol, yang membantu melawan bakteri plak pada gigi. Teh hijau juga mampu menghentikan dan mengendalikan pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga menghentikan produksi asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Serta ampuh hilangkan bau mulut.

  5. Tahu
    Tahu bisa memicu produksi air liur sehingga membantu membersihkan gigi. Tahu juga tinggi alkalin dan merupakan sumber kalsium yang baik untuk gigi.

  6. Strawberry
    Strawberry dikenal sebagai buah yang ampuh memutikan gigi dan kaya akan vitamin C. Bisa digunakan sebagai pembersih gigi bila dicampur dengan baking soda. Pastikan konsumsinya dalam bentuk buah ya!

  7. Mentimun
    Serat mentimun akan ‘memjijit’ gigi dan gusi Anda. Selain itu, minum jus mentimun bermanfaat bagi penderita pilorrhea, yakni infeksi pada tulang yang mengelilingi gigi.

  8. Kunyit
    Penelitian membuktikan bahwa kunyit tidak hanya memecahkan masalah kebersihan gigi tapi juga masalah serius seperti sakit gigi, pembengkakan gusi, radang gusi, dan periodontitis.
    Di sisi lain, obat-obatan hanya bisa memberi bantuan sementara dan dapat merusak kesehatan gigi dalam jangka panjang. Penggunaan obat secara berlebih dapat menimbulkan kondisi seperti mulut kering dan masalah pada gigi dan gusi.

  9. Keju
    Menjadi sumber kalsium yang hebat, konsumsi keju bisa membantu menyingkirkan karies. Studi menunjukkan bahwa tingkat pH sangat penting bagi kesehatan gigi. Keju tercatat dapat menaikkan tingkat pH hingga di atas 5,5 sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.