Apa saja macam penyebab seseorang terkena sakit gigi?

abses

Selama ini orang hanya tahu jika sakit gigi disebabkan oleh menggosok gigi yang tidak teratur dan gemar mengkonsumsi makanan dan minuman serba manis. Namun ternyata tidak hanya itu saja yang bisa membuat seseorang terkena sakit gigi. Apa saja macam penyebab seseorang terkena sakit gigi?

Berikut ini berbagai macam penyebab seseorang terkena sakit gigi :

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi
    Adanya pembusukan dan timbulnya sakit gigi disebabkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan gigi. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, saat bangun tidur dan mau tidur. Namun ada saatnya kita harus menggosok gigi lebih dari dua kali, yaitu sehabis memakan makanan yang manis seperti cokelat dan permen, bahaya merokok dan memakan makanan berserat seperti daging.

  2. Keretakan Gigi
    Gigi yang mengalami keretakan akan menimbulkan sakit gigi. Hal itu dikarenakan saat mengalami keretakan, bagian lapisan gigi ada celah. Celah tersebut memudahkan kuman dan bakteri masuk untuk menginfeksi gigi. Keretakan gigi tersebut bisa disebabkan oleh benturan yang keras, bisa karena jatuh, kecelakaan dan masih banyak lagi lainnya.

  3. Gigi Rusak
    Salah satu penyebab sakit gigi yang sering adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi bisa disebabkan oleh rongga yang muncul di gigi.

  4. Penyakit Gusi
    Salah satu hal yang menjadi penyebab sakit gigi kambuh adalah penyakit gusi. Penyakit gusi meliputi peradangan yang bisa menimbulkan bengkak, gusi berwarna merah bahkan bisa sampai berdarah. Penyakit gusi tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan penyakit gusi dan juga perdangan gusi.

  5. Trauma
    Trauma gigi bisa disebabkan oleh kecelakaan dan berbagai kondisi lainnya. Hasil dari trauma bisa menyebabkan gigi menjadi patah dan juga goyang. Gigi yang patah dan goyah karena hal-hal yang tidak diinginkan akan menimbulkan nyeri dan linu. Terutama gigi yang patah bisa menyebabkan garis fraktur melalui syaraf gigi atau pulpa. Kejadian itu akan menimbulkan nyeri gigi dan sakit gigi yang teramat sangat.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/sakit-gigi/penyebab-sakit-gigi-kambuh