Apa saja macam-macam pasta?

Siapa yang tak kenal pasta? Hidangan asal Italia ini begitu terkenal hingga ke seluruh dunia. Saking populernya, oleh pakar pasta dunia, tanggal 25 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pasta sedunia. Hampir setiap daerah di Italia punya hidangan khas olahan pasta.

Sejauh ini yang saya tahu salah satunya adalah spagetti. Spagetti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi. Umumnya dimasak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, atau terlalu matang. Cara memasaknya bervariasi, tetapi yang sangat terkenal adalah spagetti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Yang saya tau ada fettucine,dimana berukuran tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung. Fettuccine secara tradisional dibuat segar, tetapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko-toko. Adalagi lasagna adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Jenis makanan ini berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis.