Apa saja langkah dasar dalam mengembangkan Project Risk Management Plan?

Apa saja langkah dasar yang harus dilakukan ketika kita ingin mengembangkan Project Risk Management Plan?

1. Mengidentifikasi Risiko dan Membuat Daftar Risiko
Sebelum memikirkan pengelolaan dan mitigasi risiko, penting untuk mengidentifikasinya dengan benar. Lakukan brainstorming dengan anggota tim, pakar, dan stakeholder untuk mendapatkan wawasan tentang kategori dan identifikasi risiko yang tepat.

2. Menganalisis dan Mengevaluasi Risiko
Setelah mengidentifikasi risiko yang terkait dengan proyek, langkah selanjutnya adalah menganalisis dan mengevaluasi setiap risiko untuk menentukan pengaruhnya terhadap keberhasilan penyelesaian proyek.

3. Mengidentifikasi Pemicu Risiko
Secara garis besar, bagi tim ke dalam subkelompok yang akan menangani setiap risiko. Subkelompok ini harus mempelajari risiko mereka dalam pengertian yang lebih dalam dan mengenali pemicu risiko dan tanda peringatan, yang mana dapat memberi tahu tim proyek bahwa proyek mereka sedang mengalami bahaya.

4. Brainstorming untuk Solusi
Setiap tim mengambil risiko dan melakukan brainstorming ke ide-ide yang menundukkan ancaman. Harus dilakukan tindakan pencegahan di awal proyek, untuk mengurangi atau menghilangkan dampak risiko dalam menyelesaikan proyek.

5. Membuat Rencana
Resiko diidentifikasi, mempertimbangkan solusi, lalu membuat rencana manajemen risiko. Aksi ini adalah hal dasar dari rencana pengelolaan risiko proyek. Untuk manajer proyek yang memiliki plan, mereka perlu mendokumentasikan semua rencana solusi yang ada untuk semua risiko yang telah diidentifikasi di seluruh proyek. Rencana ini pada dasarnya adalah strategi mitigasi risiko untuk menghindari risiko.

6. Memantau dan Meninjau Risiko
Karena semua hasil project risk management plan didokumentasikan dalam daftar risiko, penting untuk meninjau dokumen secara berkala. Mengapa memantau dan meninjau risiko? Karena seiring kemajuan proyek, ada kemungkinan besar bahwa proyek tersebut dapat menghadapi lebih banyak risiko, atau risiko yang ada dalam daftar mungkin berubah.

Sumber
Project Risk Management Plan | Risk Management Process