Apa saja keuntungan yang bisa didapat dari pemasangan implan pada gigi?

1408080226409693804

Implan gigi memiliki sejumlah keuntungan bila dibandingkan dengan penggunaan gigi palsu. Apa saja keuntungan yang bisa didapat dari pemasangan implan pada gigi?

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari pemasangan implan pada gigi, diantaranya:

  1. Implan gigi jauh lebih awet
    Meskipun lebih mahal, implan gigi jauh lebih awet bila dibandingkan dengan gigi palsu. Material logam yang ditanam untuk menggantikan akar gigi memiliki kualitas dan daya tahan yang lama. Bila implan menggunakan logam titanium, jenis logam ini merupakan salah satu logam dengan daya tahan super. Itu artinya, penggunaan implan akan lebih bisa memiliki umur yang lama.

  2. Tidak menyebabkan kerusakan pada gigi yang lain
    Tidak seperti pada penggunaan atau pemasangan gigi palsu dengan metode jembatan. Dimana metode ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi tetangga. Metode implan tidak akan mengganggu mekanisme jaringan yang ada pada gigi tetangga. Sehingga kerusakan karena goyang atau karies yang mungkin timbul pada metode bridge bisa dicegah dengan baik.

  3. Lebih natural
    Gigi implan memiliki kemiripan 99% dengan gigi asli. Orang yang melihat dengan sekilas tidak akan mampu membedakan dengan gigi yang asli. Oleh sebab itu, pemasangan gigi implan akan memberikan sifat natural pada pasien gigi. Selain estetika gigi yang terjaga, fungsi-fungsi gigi juga akan terjaga. Proses konsumsi dan komunikasi yang melibatkan gigi dan rongga mulut tidak akan mengalami gangguan.

  4. Meningkatkan kepercayaan diri
    Seringkali gigi palsu karena longgar suka lepas dari rahang. Bila hal ini terjadi ketika berkumpul dengan orang lain tentu akan menimbulkan rasa malu dan tidak percaya diri. Pada gigi implan hal ini tidak akan mungkin pernah terjadi. Hal itu karena pada gigi implan, gigi benar-benar tertancap dengan kokoh pada jaringan tulang rahang.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/implan-gigi