Apa saja keuntungan penggunaan Air Flow?

Teknologi baru mengubah segala bidang dan kehidupan kedokteran gigi tanpa terkecuali. Inovasi teknik Air Flow yang termasuk sebagai Dental Air Abrasion Unit menggunakan mesin yang membersihkan dan menghaluskan gigi yang terdiri dari campuran air, udara bertekanan dan bubuk partikel halus. Metode ini jauh lebih unggul dari metode pembersihan konvensional yang menggunakan alat scaler, kuret, alat polish (rubber cup, polishing disc) yang bisa memakan waktu dan membuat pasien merasa tidak nyaman.
dentist

keuntungan penggunaan Air Flow adalah:

  1. Pembersihan yang Lebih Efektif
    Aliran air yang kuat namun terkendali, udara dan bubuk halus tidak hanya memoles semua permukaan gigi, menghilangkan plak, perubahan warna gigi dan deposit halus, namun juga menjangkau jauh ke dalam poket periodontal hingga kedalaman 5 mm. Ini jauh lebih efisien daripada pembersihan secara konvensional untuk menghilangkan biofilm yang dapat menyebabkan periodontitis dan peri-implantitis.

  2. Peningkatan Kenyamanan Pasien
    Siapa pun yang pernah mengernyit saat alat kuret masuk ke dalam gusi, akan menyambut alat ini karena metode pembersihannya yang tidak menyakitkan, cepat dan tidak invasif. Bahkan poket dalam dan area interproksimal mudah dijangkau tanpa adanya ketidaknyamanan dan potensi probing yang dapat merusak jaringan dengan kuret dan tanpa kontak instrumen, teknik ini tidak menimbulkan panas atau getaran. Serbuk non-toksik yang digunakan dalam polishing udara juga lebih menyenangkan dan kurang berpasir daripada pasta yang digunakan dalam proses polishing pada umumnya. Serbuk polishing disertai dengan rasa tambahan, seperti spearmint, bahkan telah dikembangkan untuk digunakan di mesin Air Flow, membuat pengalaman pasien menjadi lebih menyenangkan.

  3. Mengurangi Sensitivitas Gigi
    Polishing dengan aliran udara sangat ideal bagi mereka yang menderita gigi sensitif. Hal ini tidak hanya karena tidak adanya kontak langsung dan tidak adanya panas dan getaran, namun karena partikel mikro bubuk yang sangat kecil benar-benar dapat menutupi tubulus dentinalis yang terbuka dan mengurangi sensitivitas gigi. Polishing aliran udara juga bisa mendorong re-mineralisasi gigi yang rusak.

  4. Pembersihan Lebih Cepat
    Studi telah menunjukkan bahwa penggunaan Air Flow tiga kali lebih cepat dalam menghilangkan stain dan plak daripada metode konvensional. Ini berarti lebih sedikit waktu yang digunakan untuk perawatan pasien. Gigi dibersihkan dengan cara abrasif tidak seperti cara konvensional yang menggunakan gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Setiap daerah yang mengalami kerusakan kecil dibuang dengan perlahan tanpa perlu mengebor struktur gigi yang sehat.

  5. Ideal untuk digunakan sebelum perawatan ortodontik
    Teknik Air Flow adalah cara pembersihan yang ideal sebelum melangkah ke prosedur yang memerlukan bahan bonding dan penggunaan sealant karena menghilangkan hampir 100 persen bakteri dan endotoksin. Tidak hanya itu, pasta pada pembersihan konvensional mengandung gliserin yang bisa mengganggu prosedur ikatan antara bahan bonding dan gigi. Udara, air dan bubuk yang digunakan dalam Air Flow tidak mengandung gliserin dan memudahkan bonding dan sealant untuk berikatan dengan permukaan gigi.

sumber: https://gakken-idn.id/articles/bukti-klinis-terapi-air-flow-dalam-kedokteran-gigi