Apa saja jenis Microdontia?

microdontia

Microdontia adalah gigi berukuran lebih kecil daripada gigi yang ada disekitarnya dan cenderung berbentuk mengerucut yang menyerang pada gigi sulung. Kasus gangguann dan kelainan gigi geligi yang menyebbakan microdontia sering menyerang kaum wanita ketimbang pria yang muncul secara dominan akibat hormon dan faktor DNA serta RNA. Apa saja jenis Microdontia?

Jenis Microdontia

  1. Microdontia menyeluruh (True Generalized Microdontia)
    Yaitu gigi yang berukuran kecil kecil dari ukuran normal yang terjadi pada semua gigi namun tumbuh dalam rongga mulut dengan rahang berukuran standar normal. Kondisi microdontia ini paling sering menyerang orang orang yang memiliki penyakit krertinisme.

  2. Microdontia yang tumbuh dalam rahang besar (Relative Generalized Microdontia)
    Gigi yang tumbuh dengan ukuran noermal atau kecil diluar batas kenormalan yang muncul didalam rongga mulut dengan bentuk dan diameter rahang yang besar atau bahkan lebih kecil darai ukuran normal manusia.

  3. Melibatkan gigi tunggal (Microdontia Involving a single tooth)
    Yaitu microdontia yang umum dialami banyak manusia didunia karena kasus ini terkjadi secara lokal saja. Microdontia jenis involving asingle tooth cenderung menyerang gigi tunggal dan tak heran jika kasus ini hanya ada pada satu sampai dua buah gigi saja dan tumbuh pada rahang yang berukuran normal. Microdontia involving a single tooth terjadi pada insisivis lateris rahang atas dan gigi molar ketiga yang biasanya palking banyak menyerang kaun wanita.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/microdontia