Apa saja jenis kadal yang dapat dipelihara?

Saya ingin memelihara kadal. Apa saja kadal yang dapat dipelihara?

Berikut merupakan beberapa jenis kadal yang dapat dipelihara.

  1. Spiderman Lizard
    Kadal Spiderman, begitulah dirinya popular disebut karena warnanya yang benar-benar mirip dengan tokoh pahlawan Spiderman, dominasi biru dan merah. Hanya saja kadal ini sangat sulit dicari. Kadal ini merupakan jenis Agama kepala datar Mwanza. Kadal jenis ini asli Afrika dan biasanya hidup berkelompok.

  2. Leopard Gecko
    Ini adalah hewan malam yang aslinya berasal dari Pakistan, India, dan iIran. Saat ini Leopard Gecko menjadi hewan peliharaan popular karena relatif mudah dipelihara.

  3. Tegu
    Kadal ini biasa disapa Kadal Argentina. Ia mampu mencapai panjang 1,2 meter. Banyak yang bilang bahwa kadal ini adalah kadal yang aman dipelihara karena bersifat tenang dan tidak menggigit. Meski begitu, kamu harus tetap harus selalu waspada ketika memutuskan untuk memeliharanya, karena bagaimanapun juga kadal ini tetaplah hewan liar yang butuh pengawasan.

  4. Bearded Dragon
    Atau dia juga dikenal dengan Naga Berjanggut. Kadal ini berasal darI Australia. Saat ini naga berjanggut adalah peliharaan popular di dunia. Karena mudah merawat bagi pemula. Makannya pun tidak sulit karena ia termasuk omnivore.

  5. Kadal Panana
    adal ini memiliki beberapa nama panggilan yang biasa dipakai Blue Tongue skink atau kadal Tilqua. Kadal ini sangat cocok untuk pemula karena perawatannya sangat mudah dan juga tidak rewel. Kadal omnivora ini membutuhkan waktu untuk berjemur, yaitu kurang lebih 5-10 menit pada pukul 08.00 atau 09.00 pagi, namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

  6. Kadal Savannah Monitor
    Kadal ini berasal dari Afrika kadal ini juga terkadang disebut Bosc Monitor. Ukuran tubuh kadal Savannah Monitor ini cukup pendek, hampir menyerupai biawak, namun cukup besar untuk digolongkan dalam kategori kadal. Savannah Monitor bisa tumbuh dengan panjang tubuh mencapai 1 meter, dan bertahan hidup sekitar 11 tahun lamanya. Jenis kadal yang satu ini kurang suka berbaur dan berkelompok, ia lebih suka menyendiri. Makanan utamanya adalah serangga dan tikus.

  7. Biawak
    Nama kerennya adalah Kadal Water Monitor. Jenis reptil yang memiliki nama latin Varanus Salvator ini juga termasuk salah satu jenis reptil yang kerap dipelihara, dan sering ditemukan di lingkungan sekitar. Meski termasuk jenis biawak yang aman dan biasa dipelihara, binatang ini tetap membutuhkan pengawasan karena di alam liar ia termasuk salah satu jenis binatang pemangsa. Bahkan di lingkungan sekitar rumah, biawak sering dianggap sebagai musuh bebuyutan para peternak ayam, karena ia sering memangsa ayam-ayam yang berkeliaran di sekitarnya.

  8. Iguana
    Sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan Austria Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: Iguana Hijau dan Iguana Antilles Kecil.

  9. Chameleon
    Banyak orang yang salah sangka bahwa Chameleon dan Bunglon itu sama, ternyata mereka berbeda, apakah yang membedakan mereka berdua? dari postur tubuh jelas berbeda, Bunglon langsing dan berjalan cepat, sedangkan Chameleon gemuk dan gerakannya lambat. Perubahan warna(mimikri) pada mereka juga berbeda, Bunglon akan merubah warnanya sesuai dengan emosi mereka, sedangkan Chameleon akan merubah warnanya sesuai tempatnya. Chameleon banyak dipelihara orang, melainkan karena warna mereka menarik perawatannya pun cukup mudah, hanya memberi makan, membersihkan kandang, dan menyesuaikan suhu kandang.