Apa saja jenis-jenis pelindung gigi?

Gigi dan mulut merupakan salah satu bagian dari organ penting yang digunakan sehari – hari, untuk mengunyah makanan dan memasukkan zat – zat penting yang dibutuhkan tubuh. Sudah tentu gigi dan mulut harus selalu di jaga kebersihannya dan keberadaannya harus selalu dilindungi.

221

Jenis – Jenis Pelindung Gigi

  • Kawat Gigi atau Behel
    Kawat gigi atau yang lebih dikenal dengan sebutan behel, selain berfungsi untuk merapikan gigi yang berantakan, memundurkan gigi yang maju atau tonggos, juga berfungsi sebagai pelidung gigi dan menjaga kesehatan gigi. (Anda dapat menambah wawasan denga membaca manfaat gigi behel dan cara merawat gigi behel).

  • Clean Aligner
    Produk yang biasa disebut sebagai Kawat gigi tembus pandang (Clear Aligner) ini memang dikhususkan pada pasien dengan pertumbuhan gigi dan gusi yang telah berhenti. Clear Aligners berbentuk dan digunakan seperti pelindung gigi dan dapat dicopot saat Anda makan atau membersihkan gigi. Meskipun membutuhkan biaya lebih besar, produk ini banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dan tidak mengganggu penampilan.

  • Pelindung Gigi Siap Pakai (ready made)
    Jenis pelindung gigi siap pakai ini banyak tersedia di toko – toko olah raga. Jenis pelindung ini biasanya menggunakan ukuran standard yang telah dicetak langsung dari pabrik. Sangat jarang dokter gigi menganjurkan pasiennya untuk memilih pelindung gigi jenis ini.

  • Pelindung Gigi yang Disesuaikan (mouth adapted)
    Pelindung gigi yang dapat disesuaikan ini juga ukurannya telah di cetak langsung dari pabrik. Namun karena jenis pelindung ini terbuat dari material thermoplastic yaitu plastik yang menjadi lunak jika dipanaskan dan dapat mengeras pada saat dingin (boil and bite), sehingga membuat pelindung gigi jenis ini dapat disesuaikan.

sumber: https://halogigi.com/