Apa saja jenis-jenis gigi palsu?

dental_restoration-300x270

Gigi palsu memiliki berbagai macam jenisnya, apa saja?

gigi palsu terbagi menjadi dua jenis pengelompokkan, yakni gigi palsu permanen dan gigi palsu lepasan.

Gigi palsu permanen terbagi menjadi dua jenis, yakni implant gigi (dental implant) dan crown (mahkota tiruan). Secara umum, implant gigi merupakan gigi palsu permanen yang ditanam di dalam gusi sehingga anda tidak akan merasa menggunakan gigi palsu. Crown atau mahkota tiruan ini dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak akibat keropos, berlubang, dan atau patah.

Beranjak dari gigi palsu permanen, kini kita masuk pada gigi palsu lepasan. Gigi palsu lepasan terdiri dari beberapa jenis, yakni akrilik, valplast atau flexi denture, dan frame yang menggunakan kerangka logam. Gigi palsu lepasan dengan model akrilik ini menggunakan plat yang mencengkram kawat sebagai tambahan dari pegangan gigi yang tersisa.

Berikutnya, valplast atau flexi denture merupakan gigi palsu lepasan dengan tekstur menyerupai gigi palsu dengan model akrilik, hanya saja valplast lebih lentur dibandingkan dengan yang lainnya. Terkakhir, frame atau kerangka logam merupakan gigi palsu lepasan yang paling nyaman digunakan. Hal tersebut disebabkan karena gigi palsu dengan model ini memiliki plat tiruan yang sangat tipis.