Apa saja jaringan perodontal?

salah satu jaringan yang terdapat pada gigi adalah jaringan perodontal yang merupakan jaringan ikat yang melekat pada gigi ke tulang alveolar.aw

Periodontal adalah jaringan yang mengelilingi dan menyangga gigi. Jaringan periodontal terdiri dari beberapa bagian yaitu Gingiva, Sementum, Ligamen Periodontal, dan Tulang Alveolar. Berikut akan dijelaskan masing-masing bagian tersebut.

  1. Gingiva
    Gingiva yang dalam bahasa awam disebut gusi adalah jaringan lunak mengelilingi dan menyangga gigi. warnanya bergantung pada pigmentasi seseorang.Gingiva melekat pada gigi dan tulang alveolar. Gingiva berfungsi melindungi jaringan di bawah perlekatan gigi terhadap pengaruh lingkungan rongga mulut.
  2. Sementum
    Sementum adalah bagian yang melapisi permukaan akar gigi. Sementum terdiri dari serabut kolagen yang tertanam di dalam matriks organik yang terklasifikasi.Sementum sama seperti dentin, dapat tumbuh secara terus menerus gigi masih hidup. Sementum yang pertama kali ada disebut sementum primer, sedangkan sementum yang baru terbentuk mengacu kepada sementum sekunder.
    Sementum sekunder biasanya terbentuk sebagai hasil dari luka karena fisikal atau tekanan.
  3. Ligamen periodontal
    yaitu jaringan ikat yang mengelilingi akar gigi dan melekatkannya dengan tulang alveolar. Ligament periodontal tidak hanya menghubungkan gigi ke tulang rahang tetapi juga menopang gigi pada soketnya dan menyerap beban yang mengenai gigi.

sumber: Jaringan Periodontal | balidentistry