Apa saja hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan gigi, khususnya bagi penderita diabetes?

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes, biasanya memiliki kadar gula darah yang tinggi. Memiliki kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan banyak gangguan pada tubuh, mulai dari mata, jantung, ginjal hingga rongga mulut. Apa saja hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan gigi, khususnya bagi penderita diabetes?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan gigi, khususnya bagi penderita diabetes

  1. Batasi asupan manis
    Untuk membantu mencegah datangnya masalah pada gigi sekaligus mengobati diabetes, Anda harus melakukan diet yang sehat. Diet sehat akan membantu Anda untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebih sehingga kadar gula dalam darah dapat berkurang. Hal ini akan memungkinkan insulin untuk mengontrol kembali kadar gula dalam darah menjadi normal kembali.

  2. Olahraga teratur
    Dengan berolahraga, maka Anda akan membantu tubuh untuk membakar kelebihan gula yang menumpuk di dalam tubuh Anda. Konsumsi gula yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan gula karena sistem kerja pembakaran energi pada tubuh yang tidak sebanding dengan jumlah gula yang Anda konsumsi. Pada akhirnya, olahraga mengembalikan kesehatan tubuh serta menyembuhkan masalah yang terdapat pada gigi.

  3. Menjaga kebersihan rongga mulut
    Sikatlah gigi dua kali sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Untuk menghindari luka pada gusi ketika menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan sikat secara perlahan menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Selain itu, gunakanlah obat kumur antibakteri yang bebas alkohol, terutama jika Anda mengalami gangguan mulut kering. Bila Anda menggunakan gigi palsu yang bisa dilepas, pastikan Anda melepasnya ketika tidur malam dan jangan lupa bersihkan gigi palsu Anda setiap hari. Sementara itu, jika Anda mempunyai kebiasaan merokok, sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Merokok dapat memperbesar komplikasi yang serius pada penderita diabetes.

  4. Konsumsi obat diabetes atau suntik insulin
    Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk mengatasi diabetes, mempertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Sumber: http://doktersehat.com/tips-menjaga-kesehatan-gigi-untuk-penderita-diabetes/